Pramuka Diajak Gemar Menanam Pohon

Ade Sumardi, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Lebak.*

KETUA Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lebak Ade Sumardi menginstruksikan, seluruh anggota pramuka untuk menanam pohon. Hal itu sebagai salah satu langkah konkret dalam mencintai dan melestarikan alam Indonesia, khususnya Kabupaten Lebak.

“Apalagi, kita telah menggulirkan program mencintai bumi. Jadi program itu harus benar-benar diimplementasikan,” kata Ade Sumardi yang juga Wakil Bupati Lebak itu saat menghadiri upacara pelantikan Dewan Kerja Cabang Lebak Masa Bakti 2019-2024, sekaligus pembukaan Sidang Paripurna Cabang (Sidparcab) tahun 2020 di Aula Multatuli Setda Lebak, Sabtu (1/2/2020).

Menurut dia, pramuka adalah manusia Pancasila yang dituntut mampu mengimplementasikan sila-sila dalam Pancasila di kehidupannya sehari-hari. Salah satunya taat kepada Tuhan YME, gotong royong serta memiliki sifat dan sikap tolong menolong dengan sesama.

“Pramuka biarpun di dalam dirinya manusia Pancasila, akan tetapi harus mampu mengikuti perkembangan teknologi agar mampu menghadapi tantangan di era serba digital ini,” katanya.

Ia juga menyoroti kondisi alam Indonesia, khususnya vegetasi alam di Kabupaten Lebak yang dinilainya sudah mulai tidak sehat. Untuk itu, Kwarcab menggulirkan program mencintai bumi dengan menginstruksikan seluruh anggota pramuka untuk menanam pohon.

“Saya berharap, pramuka bisa menjadi motor penggerak dalam mencintai dan melestarikan alam Indonesia, khususnya alam di Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Manfaat lain, dengan program ini selain untuk melestarikan dan reboisasi vegetasi alam yang rusak, gerakan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian generasi muda bangsa dalam menjaga kelestarian alamnya.

Sementara, Ketua Pengurus Dewan Cabang Gerakan Pramuka Lebak, Naryono siap menyukseskan program mencintai bumi yang digagas oleh Wakil Bupati selaku Kwarcab Lebak.

“Kami beserta seluruh rekan-rekan pramuka di Lebak, dengan penuh semangat segera melaksanakan program yang digagas Ka Kwarcab, agar alam kita terus lestari tidak rusak dan terhindar dari bencana,” kata Naryono. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here