Prades Dituntut Kreatif Gali Potensi Desa

LEBAK, (KB).- Seluruh Perangkat desa (Prades) dituntut kreatif dalam menggali dan mengembangkan potensi yang ada di desa. Prades juga harus mampu menggerakkan masyarakat dalam upaya pembinaan dan pemberdayaan.

Hal itu disampaikan Sekretaris daerah (Sekda) Pemkab Lebak Dede Jaelani saat acara pelatihan aparatur pemerintah desa dalam bidang manajemen bagi perangkat desa baru yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lebak di BLK-LPP Cisalak Baru, Senin (28/10/2019).

Dede Jaelani mengatakan, dengan makin meningkatnya anggaran desa dan membesarnya kewenangan desa. Maka pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan kapasitas organisasi dan manajemen pemerintahan desa.

Pemdes adalah unsur utama desa yang diharapkan mampu menggerakkan unsur desa lainnya melalui pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat serta unsur wilayah melalui kegiatan pembangunan penggalian dan pengembangan potensi desa yang ada di wilayahnya.

“Pelatihan ini merupakan modal dasar dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di desa. Untuk itu, materi pelatihan akan dikonsentrasikan pada pembentukan sikap dan perilaku kerja meliputi materi pengajaran pelatihan dan pengasuhan,” katanya.

Seluruh perangkat desa, khususnya para peserta pelatihan agar turut serta menyukseskan visi misi Pemerintah Daerah Lebak terkait wisata untuk menggali potensi wisata desanya masing-masing sebagai pemantik peningkatan pertumbuhan ekonomi di masyarakat. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here