Pra-PON Papua, Softball Putra Banten Kejar 3 Besar

TANGERANG, (KB).- Tim softball Putra Banten masih harus bekerja keras pada ajang Prakualifikasi PON, meski mereka saat ini sudah masuk ke 4 besar dan berhak atas tiket PON XX berdasarkan ketentuan PB Perbasasi.

Hanya saja, posisi tersebut belum cukup memenuhi ketentuan yang diminta oleh KONI Banten, karena otoritas tertinggi olah raga prestasi Banten itu menetapkan peringkat 3 besar, untuk diberangkatkan ke PON Papua.

Diketahui, pelaksanaan Pra-PON cabor baseball dan softball tersebut diselenggarakan di Sonny Nurochman Softball Arena, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Peringkat empat besar didapatkan tim softball putra Banten, setelah mereka mengalahkan tim Papua Barat dengan skor 8-1, Jumat (26/7/2019).

Dengan kemenangan yang diraih itu, Banten bercokol pada posisi 4 besar sekaligus, berhak melaju ke babak semi final. Namun, posisi tersebut masih belum aman, Tim Softball Putra Banten masih harus berjuang.

Sebab, baru memenuhi peraturan yang ditentukan oleh Pengurus Besar (PB) Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Banten. Sedangkan target dari KONI Banten yakni harus meraih minimal peringkat 3 baru dapat berlaga di Pesta Olah raga Indonesia itu.

“Kita sudah mengantongi tiket PON karena sekarang kita berada di 4 besar. Sesuai ketentuan PB Perbasasi hanya ada 6 tim terbaik dari babak kualifikasi ini yang akan bertanding di PON XX 2020 Papua. Tapi posisi kita belum aman, karena target KONI Banten itu 3 besar baru bisa berangkat ke Papua,” ujar Deputi Bidang Softball Perbasasi Banten Andri Maulana.

Tim Softball Putra Banten harus melewati 1 laga lagi dengan kemenangan untuk mengamankan target 3 besar. Selanjutnya, di partai semi final Banten akan kembali menghadapi Lampung yang juga meraih kemenangan kala meladeni DKI Jakarta.

“Apabila kita menang lawan Lampung posisi kita aman karena sudah 2 besar dan melaju ke grand final. Kalau kalah kita akan berhadapan dengan tim yang kalah di semi final untuk memperebutkan peringkat 3,” ujar Andri.

Pelatih tim Softball Putra Banten Steven Pattiwael optimistis anak asuhnya dapat menuai hasil maksimal. Karena pada laga sebelumnya melawan Lampung di Grup A, Kamis (25/7) Banten mampu meraih kemenangan 10-3.

“Kendalanya kan ini lawannya Pitcher nasional jadi agak kewalahan juga. Kalau Lampung kemarin kan kebanyakkan Hit, kalau sekarang hit nya sedikit, lebih ke gerombolnya. Saya optimistis kita bisa menang lagi lawan Lampung karena kan sebelumnya kita sudah pernah menang melawan Lampung. Tapi bergantung dengan permainan mereka juga kalau konsisten mudah-mudahan bisa menang,” ujarnya.

Ketua KONI Banten Rumiah Kartoeredjo tetap berkomitmen, hanya atlet atau tim yang mampu mengamankan posisi 3 besar di Pra PON saja yang berhak berlaga di PON XX 2020 Papua. Meski demikian, mantan Kapolda Banten itu optimistis Tim Softball Putra Banten mampu meraih target tersebut.

“Mereka harus berada diposisi terbaik di Pra PON supaya di PON XX 2020 Papua nanti dalam keadaan yang terbaik. KONI Banten tetap komitmen hanya 3 besar saja yang berangkat ke Papua. Tapi saya yakin dengan kemampuan mereka bisa lebih dari itu,” ujarnya. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here