Minggu, 24 Juni 2018

Pra Musrembang RKPD Tahun 2019, Pemkot Serang Bahas 17 Isu Strategis

SERANG, (KB).- Wali Kota Serang, Tb Haerul Jaman membahas 17 isu strategis Kota Serang pada kegiatan Pra Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019, di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (12/3/2018). Isu strategis dalam pra musrenbang tersebut akan menjadi prioritas pembangunan tahun 2019.

Adapun 17 isu strategis tersebut terkait peningkatan akses pelayanan dan mutu kesehatan, peningkatan akses dan mutu pendidikan, penanganan PMKS, penanganan kemiskinan, pengurangan pengangguran, peningkatan konektivitas wilayah, penanganan kemacetan, penanganan genangan air, penataan ruang dan LH, peningkatan sarana dan prasarana perumahan dan permukiman, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan, pengembangan pariwisata.

“Kemudian peningkatan investasi, perdagangan dan jasa, pemilu legislatif dan pilpres, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pengembangan rsud kota serang dan peningkatan produksi pangan,” kata Jaman kepada wartawan. Ia mengatakan, saat ini pemerintah Kota Serang melaksanakan penyusunan RKPD Kota Serang tahun 2019 yang dimulai dengan penyusunan rancangan awal RKPD.

Dokumen RKPD Kota Serang 2019 merupakan dokumen perencanaan tahunan pemerintah daerah sebagai penjabaran dari perencanaan pembangunan jangka menengah daerah, dimana nantinya akan diselaraskan dengan rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan Provinsi Banten pada tahun 2019.
“Diharapkan apa yang direncanakan ini dapat tercipta sinkronisasi dan sinergitas untuk pencapaian sasaran pembangunan di Kota Serang,” katanya.

Sebelumnya, pada 7 Februari 2018, Pemkot Serang bersama instansi vertikal dan lembaga organisasi masyarakat telah melaksanakan forum konsultasi publik. Dalam forum tersebut, pembangunan daerah menjadi prioritas utama untuk dijalankan.
“Di dalamnya membahas terkait peningkatan pertumbuhan ekonomi berbasis perdagangan, pertanian dan pariwisata melalui penguatan sumber daya manusia dan infrastruktur,” ujarnya.

Pada tahun 2019, Pemkot Serang akan terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi terutama yang berbasis perdagangan, pertanian dan pariwisata dengan menitikberatkan pada penguatan sumber daya manusia dan infrastruktur wilayah. Tidak hanya itu, untuk menghadapi isu tersebut pihaknya akan melakukan peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan serta perlindungan perempuan dan anak, kemudian peningkatan daya saing pertanian, perdagangan dan pariwisata.

“Selain itu pengendalian pemanfaatan ruang dan peningkatan mutu lingkungan hidup, peningkatan infrastruktur permukiman dan konektivitas wilayah, peningkatan penanganan pmks, penanggulangan kemiskinan dan penurunan pengangguran dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Jaman.

Ia mengajak seluruh OPD untuk bersama-sama merumuskan usulan program dan kegiatan OPD yang akan dicantumkan dalam dokumen RKPD Kota Serang tahun 2019. Sesuai dengan tahapan, hasil pembahasan tersebut akan menjadi musrenbang RKPD Kota Serang yang akan dilaksanakan pada 15 maret 2018 mendatang. (TM)***


Sekilas Info

Dana Parpol Segera Cair

SERANG, (KB).- Bantuan dana partai politik (parpol) sudah bisa dicairkan pada Juli 2018. Parpol peraih kursi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *