Minggu, 25 Februari 2018
Anggota PPK se-Kota Serang foto bersama usai acara pelantikan di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu (1/11/2017).*

PPK Diminta Segera Koordinasi dengan Camat

Ketua KPU Kota Serang Heri Wahidin mengatakan, setelah dilantik oleh KPU Kota Serang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan langsung mulai bekerja merekrut calon anggota PPS di kelurahan. Dalam setiap kelurahan terdapat tiga anggota PPS sementara jumlah kelurahan yang ada di Kota Serang mencapai 67 kelurahan.

Mereka juga diminta berkoordinasi dengan camat untuk menempati sekretariat yang sudah disiapkan di tiap kecamatan. “Yang terdekat (tugas PPK) mereka harus berkoordinasi dengan Pak Camat terkait kesekretariatan dan selanjutnya mereka mulai melakukan perekrutan anggota PPS,” ujar Heri saat ditemui seusai pelantikan 30 anggota PPK di salah satu hotel di Lingkungan Cipare, Kota Serang, Rabu (1/11/2017).

Dari total 30 anggota PPK yang dilantik 50 persen di antaranya merupakan mantan anggota PPK dan panitia pemungutan suara (PPS) pada Pilgub Banten tahun 2017 lalu.  Heri menjelaskan, para anggota PPK yang dilantik adalah mereka yang telah lolos setelah menjalani verifikasi administrasi, tes tertulis, dan tes wawancara. Semula total pendaftar anggota PPK yang mengambil formulir mencapai 120 orang namun jumlahnya semakin menyusut dalam tahapan berikutnya.

Dari 120 orang yang mengambil formulir itu hanya 107 orang yang mengembalikan formulir dan hanya 101 orang yang lolos verifikasi administrasi. Mereka yang lolos tes tertulis dipilih 10 orang untuk menjalani tes wawancara. Namun karena ada beberapa yang nilai tes tertulisnya sama, maka ada juga dalam satu kecamatan yang jumlahnya lebih dari 10 orang untuk menjalani tes wawancara. “Seperti Kecamatan Serang ada yang 12 orang karena ada 2 orang yang perolehan nilainya sama,” katanya.

Heri menambahkan, apabila masyarakat menemukan adanya anggota PPK tidak netral dalam menjalankan tugasnya agar melaporkannya ke Panwaslu Kota Serang. Jenis sanksi yang dijatuhkan terhadap anggota PPK yang melakukan pelanggaran berdasarkan rekomendasi dari panwaslu. “Terindikasi teman-teman PPK tidak netral tentu masyarakat harus melaporkannya ke panwaslu. Rekom panwas itu harus kita jalankan,” tuturnya. (FI)***


Sekilas Info

Warga Keluhkan Kondisi Gedung Madrasah

SERANG, (KB).- Warga di sejumlah desa di Kabupaten Serang mengeluhkan kondisi bangunan gedung madrasah diniyah yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *