PPDB Sistem Zonasi Perlu Diimbangi Sarpras

SERANG, (KB).- Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi memiliki tujuan untuk pemerataan mutu pendidikan di Indonesia. Tetapi, perlu diiimbangi dengan sarana prasarana (sarpras) serta sumber daya tenaga pendidikan yang juga merata.

Hal tersebut diungkapkan Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Sholeh Hidayat, di Kampus Untirta, Jumat (28/6/2019).

“Ini sebuah tantangan bagi SMA bagaimana, agar 8 standar layanan pendidikan tersebut bisa terpenuhi. Kalau sekolah-sekolah sudah merata di setiap sekolah yang dekat dengan rumah tersedia, itu sudah bagus dan dapat terpenuhi bagi siswa yang sekolah terdekat,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia menuturkan, sistem zonasi juga harus diimbangi dengan pemerataan kualitas sekolah, baik sumber daya manusia ataupun sarana prasarana kegiatan belajar mengajar. Alasannya, jika tidak dilakukan pemerintah akan berimbas terhadap lulusan.

“Sistem zonasi, kalau ketat dikhawatirkan siswa yang berprestasi tidak mendapatkan layanan pendidikan yang optimal. Maka, potensi prestasi akademiknya tidak berkembang. Sehingga, anak-anak yang berprestasi di SMP tidak bisa melanjutkan pendidikan di sekolah yang bagus,” tuturnya.

Ia mengatakan, sistem zonasi untuk di Banten sudah baik, jika sekolah yang ada sudah merata. Sehingga, tidak ada seorang anak juga yang tidak melanjutkan belajar.

“Seperti di Kabupaten Serang itu di setiap kecamatan sudah ada SMA dan mudah-mudahan bisa teriisi oleh siswa. Sehingga, tidak ada yang tidak belajar, karena tidak ada sekolah dan hal tersebut tidak boleh terjadi,” katanya. (DE/YA)*

1 KOMENTAR

  1. Pengumuman siswa baru zonasi 2019 se prov banten ditunda, perlu penjelasan penyebabnya jgn smpai ada kecurigaan masyarakat. Jujur adil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here