Jumat, 20 Juli 2018

PPDB Online Banten Bermasalah, Pengadaan Server Dilaporkan ke Polda

SERANG, (KB).- Polda Banten melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) menerima laporan dugaan tindak pidana dalam belanja pengadaaan server dan internet di Pemerintah Provinsi Banten. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Banten, Kombes Pol Abdul Karim membenarkan adanya laporan masyarakat dari Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Banten.

“Iya, ada yang masuk ke penyidik (aduan server dan internet). Tapi, belum tau apa sudah ditindaklanjuti atau belum (oleh penyidik),” katanya, Ahad (24/6/2018). Ia menjelaskan, laporan pengaduan tersebut, adalah tentang pengadaan internet di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Banten (Diskominfotiksan) serta pengadaan server pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten. Namun, ujar dia, masih sebatas informasi. “Harus dicek terlebih dahulu,” tuturnya.

Ia belum mengetahui apakah kasus tersebut, naik ke penyelidikan atau tidak. Sebab, penyidik harus menggali kembali informasi tersebut. “Dari penyidik akan ditingkatkan untuk penyelidikan atau tidak. Harus dilihat dahulu seperti apa,” ucapnya.

Berdasarkan data yang diperoleh melalui website Sistem Rencana Umum Pengadaan (Sirup) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Provinsi Banten, pengadaan pada 2018, yaitu Dishubkominfo dan Disdikbud. Diketahui, Dishubkominfo menganggarkan belanja internet akses internet 700 Mbps senilai Rp 3.422.570.250 secara e-Purchasing, sedangkan pada Disdikbud Banten menganggarkan pengadaan server komputer sebesar Rp 410.200.000 tahun anggaran 2018.

Terpisah, Kepala Diskominfotiksan Provinsi Banten, Komari menuturkan, pengadaan server dan internet di dinasnya sudah sesuai aturan dan melalui pemeriksaan inspektorat. “Itu kan pakai e-Katalog dan sudah diperiksa Inspektorat tidak ada masalah,” katanya melalui sambungan telepon, kemarin.

Sementara, pengumuman passing grade PPDB online Banten akan diumumkan mulai Rabu hingga Jumat (25-27/7/2018). “Passing grade mulai besok sudah diumumkan, sampai tanggal 27. Passing grade itu dinamis, kalau misalnya passing grade-nya 30, berarti yang nilainya 29 tidak lolos. Tapi, itu bisa bisa berubah naik, misalnya jadi 31, yang nilainya 30 berarti tidak lolos juga. Itu teknisnya nanti di Dinas Pendidikan” ujarnya.

Pihaknya bersama Disdikbud saat ini sedang mempersiapkan penguatan sarana dan prasarana, agar masyarakat bisa mengakses pengumuman passing grade tersebut dengan lancar. “Ini saya ada di posko, kami lagi persiapkan. Supaya bisa lancar nanti pengumuman. Cuma jam berapanya kami belum bisa pastikan,” ucapnya.

Ia menuturkan, hingga Ahad (24/6/2018) pukul 16.00 WIB, tercatat sebanyak 73.000 lebih pendaftar PPDB online Banten. “Semakin ke sini tidak ada kendala berarti. Yang masuk bukan aduan, tapi teknis misalnya terkait pengisian form,” tuturnya. (FI/RI)*


Sekilas Info

4 Tahun Lumpuh, Lansia di Cikande Tak Mampu Berobat

SERANG, (KB).- Pasangan Suami Istri Memed (73) dan Kasimah (60) warga Kampung Pandan, RT 007/RW 002, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *