Kamis, 13 Desember 2018

PPDB 2018, Pemkot Serang Tetapkan Sistem Zonasi

SERANG, (KB).- Penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018 Kota Serang menggunakan sistem zonasi. Tujuan utama sistem zonasi PPDB 2018 untuk menghilangkan dikotomi antara sekolah favorit dan nonfavorit. Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Serang, Sartinah mengatakan, bahwa sistem zonasi berawal dari Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 17 Tahun 2017.

Para orangtua harus memahami permendikbud. Dalam permendikbud tersebut, tidak bisa memenuhi keinginan orangtua untuk menempatkan anak-anak mereka ke sekolah favorit. ”Tahun kemarin lebih ketat, benar-benar satu wilayah satu kelurahan atau satu kecamatan. Kalau sekarang kami bisa saja dalam satu zona ada dua kecamatan yang saling berdekatan. Bisa saja siswa dengan keunggulan tertentu bisa masuk ke sekolah di luar zonasinya melalui jalur prestasi,” katanya kepada Kabar Banten, Rabu (23/5/2018).

Ia menuturkan, kompetensi setiap anak berbeda-beda tentu harus disikapi oleh orangtua dengan tidak memaksakan anak untuk ke sekolah tertentu. Sistem zonasi memberikan dampak, agar sekolah-sekolah tidak tertumpuk pada sekolah favorit. “Kalau si siswa berada dalam wilayah zonasi itu silakan saja. Tentu ada jalur prestasi jika ingin sekolah di luar zonasi. Tentu ada poin tambahan untuk yang prestasi. Kami utamakan dulu untuk wilayah zonasi, agar tidak hanya di sekolah unggulan, tapi menyebar ke seluruh sekolah yang ada di Kota Serang,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam sistem penerimaan siswa baru, sekolah harus memprioritaskan pada anak-anak di sekitar sekolah. Sistem zonasi tersebut tidak hanya berlaku untuk sekolah negeri saja, tetapi sekolah swasta harus mengikuti peraturan tersebut. “Walaupun harus mengikuti peraturan, tetap saja ada sekolah yang sudah mencuri-curi start untuk menjaring siswa untuk masuk ke sekolahnya. Sistem ini mendekatkan jarak radius rumah dengan sekolah serta akselerasi pemerataan akses pendidikan” ucapnya. (DE/TN)*


Sekilas Info

Untirta Raih Akreditasi A

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) meraih akreditasi A dari program akselerasi akreditasi perguruan tinggi …

6 comments

  1. Di Serang ada berapa zona? Pembagiannya bagaimana?

  2. Assalamu’alaikum wr wb…

    Itu kn daftarnya onlen nah itu klo buat test fisiknya kpn buat di smk 2 kota Serang

    Wassalamu’aliakum wr.wb

  3. Apakakah bisan mendaftar di dua zona ?

  4. Saya masih ga ngerti sama pemikiran pemkot serang tentang zonasi. Bukankah ada istilah tuntutlah ilmu hingga ke negeri cina? Saya rasa bukan memaksakan tapi sekolah favorit cenderung mempunyai fasilitas yg lebih makannya banyak di minati.

  5. Cikande masuk zonasi serang 1 gak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *