Pos UKK Citangkil-Ciwandan terbentuk, Petugas TPSA Bagendung Dapat Jaminan Kesehatan

CILEGON, (KB).- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Citangkil membentuk Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK).

“Dengan dibentuknya Pos UKK nanti para pegawai di lingkup UPTD Sampah wilayah II setiap bulannya akan mendapatkan tes kesehatan rutin, demi terjamin kesehatan para pekerja itu sendiri,” kata Kepala UPTD Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung Dedi Ismanto, seusai menanda tangani nota kesepakatan bersama terkait pekerja sampah yang ada di UPTD Citangkil -Ciwandan untuk memperoleh layanan kesehatan di Puskesmas Citangkil, Jumat (14/02/2020). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Puskesmas Citangkil drg. Novita Ambar Uma.

Kepala UPTD Citangkil-Ciwandan Ahmad Jajuli, Sekretaris Kelurahan (Seklur) Citangkil Suherman dan Puluhan Pegawai UPTD Wilayah II Sampah Ciwandan – Citangkil.

Menurut Dedi Ismanto, dengan dibentuknya Pos UKK ini diharapkan para pegawai di lingkup UPTD Sampah terjamin kesehatannya.

“Kami menyambut baik dengan pembentukan Pos UKK ini, harapan saya mereka (para pegawai-red) rutin memeriksakan kesehatanya di Pos UKK yang di bentuk sehingga nantinya kesehatan pegawai terjamin,” ujarnya.

Dia menuturkan, selama ini para pegawai yang masuk dalam lingkup UPTD jarang sekali memeriksakan kesehatannya, padahal,ujar dia, keseharian mereka bekerja selalu ditempat sampah yang rentan dari berbagai penyakit.Namun,pihaknya selalu memberikan himbauan agar para pekerja dilingkup sampah selalu memperhatikan kebersihan.

“Mulai dari cuci tangan dengan sabun sampai semuanya kami himbau,karena sampah tempat berkumpulnya berbagai macam jenis penyakit.Virus dan bakteri yang kasat mata hanya bisa dilawan dengan zat kimia yang ada di sabun.Kami berharap para pegawai bisa memeriksanakan kesehatannya secara rutin nantinya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Citangkil drg Novita Ambar Uma mengatakan,dengan dibentuknya Pos UKK ini nantinya para pegawai di lingkungan UPTD Sampah dapat memeriksakan kesehatannya di Pos UKK yang sudah terbentuk.

“Di dalam Pos UKK nanti para pekerja di setiap bulan dapat memeriksakan kesehatan dan kami akan terus memantau kesehatan setiap pekerja demi menuju Kota Cilegon sehat,” ujarnya.

Dia menuturkan, dalam pemeriksaan kesehatan, para pekerja akan diberikan kartu layanan kesehatan yang didalamnya nanti akan ada daftar hadir pekerja yang memeriksakan kesehatan. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here