Popnas 2019, Banten Siap Unjuk Gigi

JAKARTA, (KB).- Kontingen Banten siap unjuk gigi pada pelaksanaan Pekan Olah Raga Pelajar Nasional (Popnas) XV 2019, yang mulai dibuka pada Ahad 17-25 November di Jakarta. Pada perhelatan multi event olah raga pelajar terbesar di Indonesia tersebut, kontingen Banten diperkuat oleh 107 atlet pelajar, yang akan turun di 13 cabor.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Banten, Deden Apriandhi Hartawan. Ia mengatakan, atlet pelajar Banten yang diberangkatkan ke Popnas XV sebanyak 107 atlet dari 13 cabor yang dipertandingkan. Ke-13 cabor tersebut yakni, atletik, angkat besi, bulutangkis, bola voli pasir, dayung, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, sepak takraw, taekwondo, dan tarung derajat.

Deden mengaku, jumlah atlet yang diberangkatkan ini lebih banyak dari rencana semula, ketika Popnas diselenggarakan di Papua. “Karena pelaksanaan Popnas dipindah dari Papua ke Jakarta, Banten mengatur ulang kuota atlet, yang semula 94 atlet ditambah 13 atlet jadi 107 atlet dari 13 cabor. Hal ini diharapkan bisa menambah jumlah medali yang diraih Banten,” ujarnya.

Deden mengatakan, atletnya sudah sangat siap untuk berlaga, sebab dari proses pemusatan latihan, dan berbagai rangkaian program latihan sudah ditempuh atlet. “Dari program latihan yang ditempuh para atlet, saat ini atlet sudah sangat siap dan tinggal bertanding,” katanya.

Dalam pembukaan Popnas XV tersebut, Kontingen Banten menampilkan pakaian adat Baduy beserta kebudayaannya. Deden mengatakan, defile kali ini Banten diperkenankan untuk menunjukan pakaian adat Baduy.

“Saat ini, defile tidak menampilkan bentuk pentas budaya layaknya silat, karate, atau tari-tarian, tapi defile kali ini hanya mempertontonkan pakaian tradisonal beberapa daerah sebanyak 80 orang. Nah Banten berkesempatan 10 orang turut tampil defile,” ucapnya.

Deden mengungkapkan, kesepuluh orang yang tampil tersebut diambil dari acara HUT Banten ke-19 waktu lalu. “Ini merupakan kesempatan yang menarik, karena bisa terpilih dari 33 provinsi yang memperkenalkan pakaian adat dan budayanya, jadi Banten bisa turut andil dalam kancah Nasional,” katanya kepada Kabar Banten.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menginginkan kontingen Banten yang berlaga di ajang Popnas XV bisa meraih prestasi terbaiknya. “Targetnya tentu ingin meraih hasil yang sebaik-baiknya, sebab atlet yang dikirim ini juga merupakan atlet yang betul-betul memiliki kans untuk meraih medali dan berpotensi juara,” kata Andika. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here