Ponpes At-Tahiriyah Lepas 61 Lulusan

AHAD, (21/5/2017) menjadi hari yang istimewa bagi santri kelas III dan yang sudah menempuh pengajian selama 3 tahun di Pondok Pesantren At-Thahiriyah. Mulai pukul 07.00 WIB bertempat di areal pondok diselenggarakan acara wisuda dan haflatut takhriz (pelepasan santri) angkatan ke-35. Kegiatan tersebut diikuti 61 santri. Menurut Ketua Panitia, Badrul Munir, acara pelepasan santri merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan setiap akhir tahun ajaran. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh wali santri, pengurus yayasan, serta tamu undangan lainnya.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, acara tersebut selalu ditunggu-tunggu oleh para santri, orangtua, dan warga setempat, karena selain prosesi wisuda, acara tersebut diisi dengan pertunjukan aneka ragam seni Islami, seperti kasidah, marawis, hadroh, puisi islami, dan pertujukan lainnya.
Para santri yang mengikuti kegiatan tersebut tampak antusias dan menampilkan kreasi seni terbaiknya. Seluruh rangkaian acara yang berlangsung sekitar lima jam (mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB) tersebut berjalan tertib, lancar, dan khidmat.

Sementara itu, dalam amanat pelepasan, Pengasuh Pondok Pesantren At-Thahiriyah, Abuya KH.Tubagus Ahmad Hasuri Thohir mengatakan, kepada para alumni jangan cepat puas terhadap apa yang telah didapat di At-Thahiriyah, tetapi jadikan pijakan untuk bekal untuk menimba ilmu selanjutnya. “Dan yang tak kalah penting adalah, agar bisa mengamalkan ilmu yang telah diraih di Pondok Pesantren At-Thahiriyah dan terus belajar untuk meraih cita-cita. Selamat dan sukses para alumni dan tetap jaga silaturahim antaralumni dan pengasuh pondok,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutan, Ketua Yayasan Pondok Pesantren At-Thahiriyah, H Tubagus Anis Fuad, Lc menuturkan, mulai tahun ajaran baru (2017/2018) di yayasan yang dikelolanya akan diadakan sekolah formal tingkat madrasah aliyah (MA). Pendirian tersebut atas dasar permintaan dari masyarakat khususnya wali santri dan para tokoh di Banten, karena selama ini belum ada pendidikan formal di pondok tersebut. “Pendirian madrasah aliyah ini untuk pertama kalinya sejak didirikan Ponpes At-Thahiriyah pada 1978 Masehi. Kami targetkan lulusan pendidikan formal ini dapat hafal 5 juz Alquran,” tuturnya. (Sutisna/”KB”)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here