PON Papua 2020, Perpani Banten Targetkan Dua Emas

SERANG, (KB).- Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Banten terpilih, Rita Prameswari Riva’i menargetkan raihan dua medali emas pada perhelatan Pekan Olah raga Nasional (PON) XX Papua 2020.

Untuk mewujudkan hal itu, dalam waktu dekat pemanah yang sudah dipastikan lolos PON, akan digembleng di Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda).

Rita mengaku, sembilan pemanah Banten berhasil merebut tiket PON di babak prakualifikasi yang berlangsung pada 23-28 September lalu, di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno Senayan, DKI Jakarta.

Kesembilan atlet tersebut yakni Muhamad Subkhan, Danara dan Danang (tim compound putra), Risda, Sahara dan Ranti (tim compound putri), Ahmad Mumtaza (individu nasional putra), Arinda (individu nasional putri), dan terakhir Rayen Rafi Adi Putro (individu recurve putra).

Rita optimistis para pemanah Banten bisa memberikan yang terbaik di PON Papua nanti. Ia menargetkan, atletnya bisa merebut dua medali emas pada pesta olahraga terbesar di tanah air itu.

“Dari cabang olah raga (cabor) panahan menargetkan dapat dua medali emas di PON Papua,” ucapnya.

Menyoal target, lanjut Rita, itu terbilang realistis, karena penampilan atletnya saat di babak prakualifikasi sudah mampu bersaing dengan daerah-daerah besar lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan para pemanah dari tanah jawara, pihaknya akan memaksimalkan program latihan yang akan ditempa atlet di Pelatda PON.

“Perpani Banten tentunya akan berbuat yang terbaik untuk atlet, baik pada saat Pelatda PON atau pun ketika pemberangkatan, agar panahan Banten bisa berbicara banyak di PON Papua,” katanya kepada Kabar Banten.

Sementara itu, Ketua Pengprov Perpani Banten periode pertama Jaja berharap, panahan Banten bisa lebih maju lagi.

“Dan target terdekat, yakni PON XX 2020 Papua, atlet panahan Banten sendiri sudah meloloskan sembilan atlet, mudah-mudahan bisa mendapatkan hasil terbaik, seperti yang ditargetkan,” ujarnya.

Rita mengungkapkan, capaian tertinggi Perpani Banten, pada PON XVI 2004 Sumatera Selatan, mendapatkan satu perunggu. PON XVII 2008 Kalimantan Timur, meraih dua perunggu, dan pada PON XIX 2016 Jawa Barat, pemanah Banten berhasil mempersembahkan satu medali emas.

“Semoga di kepengurusan yang baru ini, paling tidak bisa mempertahankan prestasi, dengan harapan semoga bisa meningkatkan prestasi,” tuturnya. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here