PON Papua 2020, Banten Kantongi Tujuh Tiket Cabor Selam

SERANG, (KB).- Banten telah mengantongi tujuh tiket cabang olah raga (Cabor) Selam Pekan Olah raga Nasional (PON) Papua 2020. Hal tersebut berdasarkan hasil babak prakualifikasi PON hingga Rabu (30/10/2019).

Meski begitu, jumlah tersebut bisa saja bertambah, karena pihak PB Persatuan Olah raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) belum mengumumkan hasil pertandingan hari terakhir.

Diketahui, tujuh tiket tersebut masing-masing disumbangkan oleh Amartya Latifa Rahnidevi juara ketiga nomor 800 meter surface dan juara ketiga 400 meter surface.

Kemudian Trinasya Charis Renata juara kedua 100 meter surface dan juara kedua 50 meter apnea. Selanjutnya, M Alifka Ihsan juara ketiga 3.000 meter finswimming laut dan juara ketiga 6.000 meter finswimming laut. Dan yang terakhir, tim estafet bifin putra meraih juara kedua.

Berdasarkan informasi, raihan tiket PON tersebut diperoleh pada ajang babak kualifikasi Pra-PON 2019 yang digelar di Kolam Renang Saygon, Purwosari, Pasuruan, Jawa Timur pada 27-30 Oktober 2019. Hal tersebut diungkapkan oleh Pelatih Selam Banten Livia Iriana kepada Kabar Banten.

Ia pun mengapresiasi hasil positif yang dipersembahkan atletnya. Apalagi, sambung Livia, atlet Banten seluruhnya merupakan pendatang baru. Namun nyatanya, mereka mampu bersaing dengan atlet senior.

“Kami tembus tiga besar di tujuh nomor pertandingan. Saya salut sama mereka. Meski atlet Banten semuanya pendatang baru, tapi mereka mampu bersaing dengan seniornya. Ini terobosan baru bagi kami, dan juga menunjukkan bahwa atlet selam daerah Banten layak diperhitungkan,” ucapnya, Rabu (30/10/2019).

Melihat hasil tersebut, Livia optimistis atlet yang lolos ke PON Papua 2020 bisa kembali berprestasi. Harapannya meningkatkan pencapaian yang sudah diraih di ajang Pra PON 2019.

“Karena target yang lolos tiga besar, jadi yang sudah lolos ini kansnya cukup besar di PON nanti. Harapannya meningkat, atau paling tidak mempertahankan yang sudah diraih,” katanya.

Pada ajang Pra PON 2019 tersebut, lanjut Livia, seluruhnya Pengprov POSSI Banten membawa sembilan atlet terbaik mereka. Empat atlet putra terdiri dari M Alifka Ihsan, Insanul Kamil Andika, Theodorius Luki Handijaya, dan Aren Omar Rachman.

Kemudian lima atlet putri diperkuat oleh, Amartya Latifa Rahnidevi, Trinasya Charis Renata, Zefanya Naomi Hizkia Laisina, Angela Gabriella Laisina, dan Gabriella Ranti.

“Seluruhnya kita bawa sembilan atlet. Untuk persiapan menuju Pra PON ini, sebenarnya sudah kita jalankan sejak 2018. Mereka semua kita pilih karena prestasinya di Kejuaraan Nasional (Kejurnas),” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Banten Rumiah Kartoredjo mengapresiasi prestasi yang telah ditorehkan patriot olah raga Banten di cabor selam. Ia berharap agar raihan tersebut menjadi cambuk semangat bagi atlet lainnya, agar turut menyumbangkan tiket ke PON untuk Banten.

“Ini kabar baik bagi kami. Saya berharap prestasi ini dapat diteruskan hingga pada PON XX Papua nanti. Bagi atlet yang belum turun di PON agar meningkatkan semangatnya untuk meraih tiket ke PON. Sementara bagi yang sudah dipastikan lolos, juga harus meningkatkan kualitasnya, agar maksimal pada pelaksanaan PON nanti,” tuturnya. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here