Polres Serang Siap Tempati Gedung Baru

Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo pada saat acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung Mako Polres Serang, di Kampung Cisait Muncang, Desa Cisait, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang pada 2017 lalu.*

MARKAS Kepolisian Kepolisian Resor (Mapolres) Serang yang baru siap ditempati dalam waktu dekat ini. Pembangunan Gedung Mapolres Serang yang berlokasi di Kampung Cisait Muncang, Desa Cisait, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang tersebut telah rampung.

Kapolres Serang, AKBP Indra Gunawan mengatakan, pemindahan personel akan dilaksanakan pada Juli atau Agustus mendatang. Saat ini, proses pemindahan tinggal menunggu penyelesaian pembangunan sarana dan prasarana (sapras) pendukung. “Untuk mako (markas komando) baru masih dalam penanganan akses jalan serta fasilitas listrik dan air,” katanya, Jumat (29/6/2018).

Ia menuturkan, untuk mempercepat proses penempatan gedung baru, Polres Serang telah membentuk tim percepatan pengerjaan yang dikomandoi Kasatreskrim Polres Serang, AKP David Chandra. “Jadi, untuk kelanjutannya, saya sudah membentuk ketua tim percepatan pengerjaan oleh kasat,” ujarnya.

Selain membentuk tim percepatan, pihaknya juga intens berkoordinasi dengan instansi terkait di Pemerintah Kabupaten Serang untuk percepatan pembangunan sapras di mako baru nanti. “Koordinasi pemda juga sudah berjalan baik hanya memang, karena masih dalam masa pengerjaan untuk jalan serta air dan listrik,” ucapnya.

Ia menuturkan, apabila proses pembangunan sapras tersebut selesai, pada Juli atau Agustus semua satuan akan serempak pindah ke kantor baru, sedangkan bangunan lama, akan difungsikan menjadi Markas Polres Serang Kota. “Insya Allah kami semua (pindah), apabila sudah selesai ya (sarpras), akan pindah semua,” tuturnya.

Diketahui, Gedung Mako Polres Serang dibangun di lahan sekitar 2 hektare. Lahan tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Serang, sedangkan anggaran pembangunannya mencapai Rp 11,448 miliar lebih yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN).

Nantinya di lahan tersebut juga akan dibangun asrama polisi, ruang tahanan, rumah dinas pejabat utama Polres Serang, barak, dan sejumlah fasilitas lainnya. (Fahmi)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here