Rabu, 21 November 2018

Polres Pandeglang Siap Kawal Dana Desa

PANDEGLANG, (KB).- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menjalin kerja sama dengan dua Kementerian, yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kemendes PDTT untuk mengawal dan mengawasi program Dana Desa (DD).  Dalam kerja sama tersebut, Kapolri telah memerintahkan agar kepolisian di daerah wajib untuk mengawal realisasi program DD.

Kapolres Pandeglang, AKBP Ary Satriyan siap untuk mengawal penggunaan DD di 326 desa di Pandeglang. Menurut dia, dalam waktu dekat Polres Pandeglang akan koordinasi menggelar pertemuan dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk membangun kesepahaman terkait mekanisme pengawasan program tersebut.

“Sebagai tindak lanjut, kami akan mempelajari isi Memorandum of Understanding atau MoU, karena isinya mengenai pengawasan penggunaan DD. Ke depan, kami akan menggelar rapat dengan unsur Muspida terkait MoU ini,” kata Kapolres kepada Kabar Banten, Jumat (20/10/2017).

Menurutnya, anggaran DD itu nilainya cukup besar per desa, dan ini bersumber dari keuangan negara. Besarnya anggaran itu bisa menjadi celah hukum bagi aparatur desa jika anggaran itu dimanfaatkan kepentingan pribadi. “Selama ini realisasi DD rawan diselewengkan. Di lapangan memang administrasinya ada tetapi pekerjaannya tidak ada.Tapi, mudah-mudah saja kerawanan ini tidak terjadi di Pandeglang,” ucapnya.

Soal dugaan penyelewengan dana desa, pihaknya belum mendapat laporan. Apalagi berdasarkan pengamatannya, hampir seluruh desa telah memasang papan informasi APBDes mengenai jenis kegiatan dan jumlah anggaran, sesuai dengan kesepakatan dua kementerian. “Memang kami sudah melakukan pengawasan bersama Kejaksaan. Namun, saat ini belum ada laporan yang masuk mengarah penyelewengan,” kata Kapolres.

Selain Forkopimda, para Bhabinkamtibmas akan dikumpulkan. Soalnya, keberadaan mereka paling dekat dengan desa. Sehingga diharapkan, partisipasi aktifnya dalam mengawasi DD, dan bisa mencegah bentuk penyelewengan. “Sebentar lagi pada 5 November 2017, Pandeglang akan melaksanakan Pilkades serentak di 108 desa. Nanti kepala desa yang baru akan kami kumpulkan untuk penjelasan bahwa Polri bersama dua kementerian, yakni Kemendagri dan Kemendes PDTT untuk ikut mengawasi penggunaan Dana Desa,” ucapnya. Untuk memotivasi jajaran di bawah, lanjut Ary, akan diberikan reward bagi anggotanya yang mengawasi penggunaan DD. “Sesuai arahan Kapolri, Bhabinkamtibmas akan diberi reward apabila memiliki inovasi dalam pengawasan DD agar tidak diselewengkan,” tutur Kapolres. (IF)***


Sekilas Info

Pandeglang Darurat LGBT dan Degradasi Moral Anak

PANDEGLANG, (KB).- Penyimpangan perilaku seksual seperti lesbian, gay, bisexual, dan transgender (LGBT) di lingkungan pelajar sedang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *