Polisi Berpatroli Naik Sepeda‎

PANDEGLANG, (KB).- Anggota polisi Satuan Sabhara Polres Pandeglang rutin berpatroli di wilayah kota. Tugas memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan semata untuk memberikan rasa aman masyarakat agar terhindar dari tindak kriminalitas dan kejadian yang mengancam keamanan dan ketertiban.

‎Pantauan di lapangan, anggota berpatroli sebanyak satu regu terdiri dari 10 personel. Mereka berpakaian lengkap seragam Polri menaiki sepeda untuk memantau situasi kondisi di wilayah perkotaan. Selain di titik rawan keramaian seperti jalan A. Yani Pasar Pandeglang, hingga jalan Sukarela. Para petugas juga memusatkan simpul keamanan di kawasan Alun-Alun Pandeglang.

Kapolres Pandeglang, AKBP Ary Satriyan didampingi Kasat Sabhara AKP Suyana mengatakan, sebetulnya patroli tersebut sudah berjalan lama. Bahkan, selain berpatroli dengan kendaraan roda dua roda empat, petugas sering menaiki sepeda gowes.  “Ya, patroli memakai sepeda gowes untuk jarak dekat. Ada juga anggota yang berpatroli jalan kaki memberikan keamanan di pasar, pengaturan kemacetan kendaraan dan membantu penyeberangan anak sekolah,” kata Kapolres Ary kepada Kabar Banten, Jumat (20/10/2017).

Menurutnya, sebagai anggota Polri ‎wajib melaksanakan tugas keamanan untuk masyarakat. Sebab, dengan modal aman, akan menunjang pembangunan daerah. Meski demikian, polisi pun membutuhkan dukungan masyarakat, karena tugas keamanan adalah kewajiban bersama sebagai warga negara. “Kesadaran masyarakat untuk membantu informasi dan sigap memberikan laporan kejadian akan membantu penanganan petugas dalam mengatasi setiap kejadian. Saya apresiasi masyarakat Pandeglang cukup bagus dalam kesadaran hukumnya,” ujarnya.

Hal hampir senada dikatakan Kasat Sabhara, AKP Suyana, pihaknya menjalankan tugas patroli rutin atas instruksi Kapolres. Oleh karenanya, tidak saja berpatroli menggunakan sepeda, namun patroli digelar dengan menggunakan motor dan mobil patroli. ‎ ‎”Ya, pagi hari kami memberikan pelayanan  pengaturan antisipasi kemacetan dan aktivitas masyarakat keseharian. Patroli pagi hari  digelar rutin dan sesuai situasi mulai pukul 06.30-07.30.‎ Patroli rutin juga dilaksanakan siang, sore dan malam hari untuk memantau dan mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan”.

Menurutnya, saat ini jumlah anggota Sat Sabhara sebanyak 71 anggota, dibagi untuk pengamanan Mako 12 anggota , objek pital 14 anggota, patroli satu regui  6 anggota,  sisanya pengendalian massa (Dalmas) dan Staf Mako. “Alhamdulillah, selama ini tugas pengamanan berjalan maksimal dan masyarakat antusias menyambut patroli rutin di jalur-jalur rawan kemacetan, dan rawan kejadian,” katanya.

Anggota Fraksi Demokrat  DPRD Pandeglang, H. Iyu Khuwailid menyambut baik patroli rutin yang digelar Polres Pandeglang. Apalagi ada patroli menggunakan sepeda gowes untuk jarak dekat di pusat kota akan memberikan rasa aman dan nyama bagi masyarakat. Pihaknya berharap untuk menciptakan situasi aman harus ada peran masyarakat ikut berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban.‎(EM)***‎

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here