Pola Hidup Sehat Warga Banten Diklaim Membaik

Wakil Gubernur Banten H. Andika Hazrumy memukul gong sebagai tanda dibukanya acara gerakan memperkenalkan self care kepada masyarakat oleh Pita Putih Indonesia Provinsi Banten di Plaza Aspirasi KP3B Curug Kota Serang, Selasa (10/12/2019).*

SERANG, (KB).- Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengklaim, kesadaran hidup sehat masyarakat Banten semakin membaik. Hal tersebut dilihat dari Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang terus mengalami penurunan.

Demikian dikatakan Andika Hazrumy usai kegiatan gerakan memperkenalkan self care yang dilaksanakan Pita Putih Indonesia (PPI) di Plaza Aspirasi, KP3B, Kecamatan Curug, Selasa (10/12/2019).

“Alhamdulillah dari kita melihat penekanan istilahnya meninggalnya ibu hamil dan juga balita di Provinsi Banten sekarang sudah beranjak lebih baik. Intinya bukan hanya Banten tapi Indonesia dibandingkan negara Afrika, dan juga dibanding di negara-negara Latin Amerika. Penekanan kematian ibu hamil dan juga bayi pascakelahiran,” ujarnya.

Ke depan, kata dia, pemprov akan berupaya meningkatkan pola hidup sehat masyarakat Banten. Pemprov sudah merancang program prioritas kesehatan.

“Baik itu program sosialisasi terhadap masyarakat dan juga program pelayanan terhadap masyarakat. Dalam kapasitas pengembangan pengetahuan masyarakat. Kan itu dilakukan momen seremonial dari sosialisasi, terus juga informasi rumah sakit dan puskesmas di Banten untuk bagaimana mereka dapat mengetahui dan memahami terkait dengan cara merawat diri dan keluarga,” katanya.

Peningkatan pola hidup sehat juga didukung oleh program yang dilaksanakan pemerintah pusat, seperti Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Pada intinya kami melihat bahwa program sosialisasi juga dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam menangangi tentang kesehatan diri sendiri ataupun keluarga,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan self care sangat membantu pemprov dalam memberikan fasilitas dan kualitas pembangunan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

“Ya tadi PPI mengadakan sosialisasi self care itu salah satu sosialisasi program hidup sehat bagi masyarakat, sama seperti PHBS dan juga Germas,” ucapnya.

Peningkatan hidup sehat dalam keluarga terutama anak-anak tak lepas dari peran perempuan. Dengan demikian, tak dapat dipungkiri peran perempuan sangat signifikan terhadap pembangunan Banten. Terutama menjadikan anak-anak di Banten dapat tumbuh menjadi generasi yang sehat.

“Acara yang dilaksanakan PPI ini baru pertama kali dilakukan di Provinsi Banten,” tuturnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here