Pokdarwis Gelar Pasar Berbatik Cikadu

Tugu batik menuju lokasi Pasar Batik Cikadu, Desa Tamanjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.*

PANDEGLANG, (KB).- Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang menggelar kegiatan yang diberi nama “Pasar Berbatik Cikadu”.

Nama tersebut diambil dari nama Kampung Cikadu yang memproduksi batik. Rencananya, agenda bazar atau pasar murah Ramadan itu akan dilaksanakan pada 12 Mei sampai 2 Juni 2019.

Ketua Pokdarwis Karim Amrullah mengatakan, pasar berbatik atau pasar batik akan dibuka pada 12 Mei. Pasar tersebut akan beroperasi siang hingga menjelang sore. Selain menyuguhkan aneka batik khas Cikadu, Desa Tamanjaya, Kecamatan Panimbang, pasar tersebut juga akan menyediakan berbagai takjil dan kuliner Ramadan.

“Nanti pasar batik ini akan diluncurkan pada 12 Mei. Kami akan suguhkan aneka ragam makanan khas Cikadu dan beragam batik kepada masyarakat dan pengunjung Bazar Ramadan,” kata Ketua Pokdarwis Karim Amrullah saat ditemui di Sekretariat Pokdarwis Tanjungjaya, Jumat (10/5/2019).

Menurut Karim, tidak saja makanan ringan panitia juga menyediakan berbagai menu makanan lezat untuk buka puasa seperti ayam bakar dan menu makanan lain yang langka di pasar-pasar tradisional.

“Ada juga menu makanan paling mantap untuk buka puasa nanti, seperti ayam bakar dan makanan lainnya,” ucapnya.

Meski demikian, Karim mengaku saat ini masih kesulitan mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah dan desa. Hal itu tentu sedikit menghambat proses peluncuran pasar tersebut.

“Ya, kalau desa hanya bilang mendukung saja, tapi tidak ada bantuan apapun,” ujar Karim.

Karim berharap dengan adanya pasar berbatik Ramadan Cikadu bisa menjadi destinasi pasar tahunan Ramadan. Selain itu, bisa menjadi tempat berburu berbagai makanan untuk buka puasa yang lezat juga menjadi tempat ngabuburit asyik bagi masyarakat.

“Kami harap pasar ini bisa diagendakan tiap tahun. Bukan cuma untuk berburu makanan saja, tapi jadi tempat untuk ngabuburit asyik bagi masyarakat,” tuturnya. (Ade Taufik/EM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here