PMII Dukung Penguatan KPK

SERANG, (KB).- Elemen mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Serang mendukung revisi Undang-undang KPK yang dilakukan DPR RI. Dengan catatan, revisi berorientasi pada penguatan lembaga antirasuah tersebut.

Demikian terungkap dalam diskusi publik penguatan RUU KPK yang dilaksanakan PMII Banten di salah satu kafe di Kota Serang, Kamis (19/9/2019) malam.

Ketua Umum PKC PMII Banten Ahmad Solahudin Al Ayubi mengatakan, KPK merupakan lembaga yang terbentuk melalui proses politik, yaitu dipilih oleh DPR RI. Oleh karena itu, dalam melaksanakan tugasnya KPK harus dikontrol. “Khususnya kami sebagai masyarakat yang sebelumnya tidak diberi ruang,” katanya.

Selama ini, ujar dia, KPK diopinikan sebagai lembaga yang tidak pernah salah, akan tetapi suci dan maha benar. “KPK tidak ada yang mengawasi. Tantangannya, adalah siapa yang berteriak menyudutkan KPK itu adalah pro koruptor, itu yang distigmakan,” ucapnya.

Saat ini, tutur dia, tanpa disadari dalam tubuh KPK ternyata banyak oknum yang kontra intelejen. “Pertarungan politik internasional banyak yang menganggap KPK adalah sumber kekuatan dari kelompok taliban,” katanya.

Ia menuturkan, kelompok tersebut, diduga menaruh orang di KPK sebagai kepanjangan tangan untuk melancarkan kepentingan golongan tertentu. “Kemudian, dalam konstalasi sekarang dengan terpilih kepemimpinan yang baru, maka mendorong pada UU KPK. Kelompok Cipayung Pusat sudah mendorong rencana UU KPK Nomor 30 Tahun 2002,” ujarnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here