Senin, 18 Februari 2019

PMI Uniba Bangun Kampus Tanggap Bencana

Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Bina Bangsa (Uniba) membangun masyarakat kampus yang tanggap bencana. Hal tersebut dilakukan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten menggelar kegiatan Kampus Siaga Bencana, di Auditorium Uniba, beberapa waktu lalu.

Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan Uniba Muhammad Saleh mengatakan, kegiatan tersebut untuk memberikan informasi bencana yang bisa sewaktu-waktu terjadi, sehingga mengajarkan kepada mahasiswa untuk tetap waspada dan tanggap bencana.

“Saat ini kami masih belum dapat sepenuhnya mampu menghindari dari risiko bencana, yang disebabkan oleh peristiwa alam. Kegiatan tersebut dapat membentuk masyarakat kampus yang mandiri dan tanggap bencana serta pengurangan risiko bencana,” katanya kepada Kabar Banten.

Ia menuturkan, tujuannya untuk menumbuhkan kesiapsiagaan sivitas akademika Uniba, yang nantinya siap dan tanggap dalam penanggulangan bencana. “Mudah-mudahan kegiatan ini menjadikan pembelajaran bagi kami semua untuk tetap waspada. Bencana bisa terjadi kapan saja. Kami harus siap untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Komandan KSR Uniba Ahmad Willy Hikmatullah mengajak seluruh sivitas akademika Uniba, untuk berperan aktif dalam kesiapsiagaan bencana. Bersama-sama melangkah dalam penanganan penanggulangan bencana yang komprehensif.

“Mari membangun kesiapsiagaan untuk meminimalisir risiko bencana, membangun masyarakat kampus yang siaga bencana,” ucapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Kesiapsiagaan BPBD Banten M Juhriyadi mengatakan, kegiatan tersebut untuk membangun kesadaran masyarakat kampus tentang bencana alam. Bencana tersebut bisa datang kapan saja dan tidak pernah tahu waktunya kapan, masyarakat harus bisa siaga dan siap untuk menghadapi bencana tersebut.

“Kegiatan tersebut memberikan pengetahuan dan kecakapan dalam mengahadapi bencana, juga meningkatkan kesadaran masyarakat kampus dalam penanggulangan bencana alam, sehingga akibat bencana bisa lebih diminimalkan,” tuturnya. (DE)*


Sekilas Info

BAN-PT Visitasi Akreditasi Pascasarjana UIN SMH Banten

SERANG, (KB).- Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, kedatangan 2 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *