Sabtu, 23 Februari 2019

PMI Siap Bersinergi dengan Pemerintah

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang menggelar agenda pelantikan dan musyawarah kerja periode 2018-2023. Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Provinsi Banten H. Hidayat Djohari, S.H., M. Si menyampaikan rasa optimistisnya dan harapan besar kepada para pengurus yang baru dilantik bisa lebih bersinergi, lebih erat dalam menjalankan misi kemanusiaan dan menjadikan PMI yang dicintai masyarakat.

“PMI dan masyarakat harus bisa saling mencintai, karena jika sudah saling mencintai maka segalanya akan saling peduli satu sama lain. Coba kita perhatikan pada saat terjadi tsunami Selat Sunda di Pandeglang, seluruh bagian PMI baik dari dalam Banten maupun luar daerah, termasuk Palang Merah Luar Negeri turut bergabung bersama PMI Pandeglang untuk membantu para korban terdampak tsunami di Pandeglang,” kata Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Provinsi Banten, H. Hidayat Djohari seusai melantik kepengurusan PMI Pandeglang yang baru, di Pandeglang, Kamis (17/1/2019).

Dalam kepengurusan baru, H.Gunawan dilantik menjadi Ketua PMI Pandeglang periode 2018-2023. Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan, Nandang Kosim, M. Pd menyatakan, kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan Desember 2018. Namun karena Pandeglang dilanda musibah bencana tsunami Selat Sunda dan PMI berperan aktif menangani pascabencana, maka kegiatan ini harus mundur.

Meski demikian, agenda pelantikan dan musyawarah kerja PMI berjalan baik. Bahkan acaranya dihadiri para pengurus, Markas dan Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pandeglang, unsur pemerintah daerah Asisten Daerah Administrasi Pembangunan (Asda III), Undang Suhendar, Pengurus PMI Provinsi Banten H. Hidayat Djohari. Hadir Dewan Kehormatan PMI, di antaranya dari Kodim 0601, Danramil, Yonif 320 Kabupaten Pandeglang, RSUD Pandeglang, Dinas Kesehatan Pandeglang, Dinas Sosial dan BPBD Pandeglang.

Pelantikan dan musyawarah kerja PMI juga dihadiri pengurus PMI kabupaten/kota se-Provinsi Banten, pengurus PMI kecamatan se-Kabupaten Pandeglang, para Relawan PMI meliputi SIBAT, KSR, TSR, FORPIS dan PMR. Sementara kepengurusan PMI yang baru, H. Gunawan, SE, M. Si (ketua), Wakil Ketua Bidang Kebencanaan ,H. E. Sutisna, S. Sos, Wakil Ketua Bidang Organisasi, PMR dan Relawan, Nandang Kosim, M. Pd, Wakil Ketua Bidang Yankes & Donor Darah, dr. Hj. Marfuah Nur Aini, Sekretaris Hj. Ika Rostika Marliah, S. Sos, M. Si dan Bendahara Herdi Herdiansyah, SH. Untuk jabatan Wakil Sekretaris, Ahmad Hidayat, S. Kep. Sementara anggota PMI yang baru, Drs. Andi Sutrisnawan, Ijal Much Rizal, S. Pd dan Wahyudin, S. Kep.

Ketua PMI Kabupaten Pandeglang, H. Gunawan, S.E, M. Si menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas bantuan dana hibah dan kepada seluruh relawan PMI yang bertugas dalam penanganan bencana tsunami Selat Sunda.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan dana hibah yang diberikan kepada PMI untuk kegiatan kemanusiaan, kebencanaan hingga terlaksananya kegiatan ini. Saya juga berterima kasih kepada seluruh relawan PMI yang sudah bekerja keras demi kemanusiaan, terlebih saat masa tanggap darurat bencana hingga saat ini masih memasuki tahap recovery pasca bencana tsunami,” ujarnya.

Asisten daerah III, Drs. H. Undang Suhendar, M. Pd mengatakan, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Pandeglang mengucapkan terima kasih atas eksistensi PMI selama ini dalam menjalankan tugas kemanusiaan, terlebih pada saat bencana tsunami Selat Sunda melanda Banten.

“Mencermati eksistensi PMI Kabupaten Pandeglang, terutama dalam menghadapi situasi bencana tsunami saat ini, saya dan pemerintah daerah merasa bangga, karena PMI telah turut serta dalam tanggap darurat bencana bersama Pemkab Pandeglang. Saya melihat PMI telah banyak membantu pemerintah dalam evakuasi korban, pemulihan psikososial, penemuan keluarga yang hilang, distribusi logistik, crew ambulans dan lainnya. Hal itu membuktikan PMI Pandeglang memiliki kapasitas dalam mengembangkan misi kemanusiaan,” ucap Undang Suhendar.

Sementara itu, seusai acara pelantikan dilanjutkan dengan kegiatan musyawarah kerja dengan peserta dibagi menjadi III komisi. Di antaranya Komisi I Bidang Organisasi dan SDM, Komisi II Bidang Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah dan Komisi III Bidang Penanggulangan Bencana. Dimana, masing-masing komisi membahas kegiatan yang telah dilaksanakan serta usulan yang akan diberikan untuk dibahas. Hasil pembahasan dan usulan diserahkan kepada pimpinan sidang untuk kemudian diolah agar usulan bisa direalisasi. (Endang Mulyana)*


Sekilas Info

HUT Ke-31, PDAM Tirta Berkah Komitmen Optimalkan Pelayanan

PANDEGLANG, (KB).- Dalam memperingati HUT ke-31, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Berkah Pandeglang menggelar tasyakuran, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *