PMI Perkuat Kapasitas Relawan

Palang Merah Indonesia (PMI) terus memperkuat kapasitas sumber daya manusia (SDM), agar selalu siap siaga untuk dimobilisasi dalam tanggap darurat bencana. Hal tersebut dilakukan dalam rangka membantu meringankan beban penderitaan masyarakat yang terkena bencana.

Upaya memperkuat kapasitas SDM tersebut salah satunya dengan melakukan pelatihan-pelatihan, seperti pelatihan spesialisasi hunian yang digelar PMI Pusat di Pusdiklat PMI Provinsi Banten mulai Senin (9/4/2018) hingga tujuh hari mendatang.

Wakil Sekretaris PMI Provinsi Banten, Jaenudin, SH, M.Si yang mewakili Ketua PMI Provinsi Banten, Hj Ratu Tatu Chasanah, SE, M.Ak dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan tersebut menuturkan, bahwa sebagai organisasi penanggulangan bencana, sudah barang tentu SDM/perangkat PMI harus sudah tersedia dengan baik/berkualitas dan siap dimobilisasi.

“Salah satunya dengan pelatihan hunian seperti saat ini, untuk itu para peserta diharapkan dapat serius mengikuti pelatihan ini,” katanya dalam rilis yang diterima Kabar Banten dari Humas PMI Banten, Senin (9/4/2018). Ia berterima kasih atas kepercayaan PMI Pusat yang menunjuk PMI Banten menjadi tuan rumah pelaksanaan pelatihan hunian tingkat nasional.

“Saya, Pengurus PMI Provinsi Banten mengucapkan terima kasih pada PMI Pusat, bahwa dalam rangka program penguatan kapasitas daerah sebagaimana tujuan strategis 2-3 PMI yang termaktub dalam renstra 2014-2019,” ujarnya. Ia kemudian menyematkan tanda peserta secara simbolis bersama Pengurus PMI Provinsi Banten Bidang Penanggulangan Bencana (PB), Sony Maulana, SH disaksikan Staf Biro IT PMI Pusat, Ahmad Arifin.

Sementara, penyelenggara pelatihan, Arna dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan yang keempat kali. “Kegiatan di Banten ini kami laksanakan di regional 2 bertempat di Pusdiklat PMI Provinsi Banten yang akan berakhir Sabtu (14/4/2018),” ucapnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan diikuti 29 orang peserta, terdiri dari 7 PMI Provinsi di Indonesia, antara lain PMI Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, Bengkulu, dan PMI Provinsi Banten. Setelah pelaksanaan, kegiatan serupa di Gresik, Garut, dan Padang.

“Kegiatan ini mendatangkan fasilitator nasional yang berasal dari PMI Pusat, Surabaya, Yogyakarta, dan Padang, Sumatera Barat dibantu unsur PMI Provinsi Banten,” tuturnya. Peserta dari Provinsi Lampung, Sandi Wijaya berharap, ilmu terkait hunian bagi korban bencana dapat bermanfaat. (Yomanti)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here