PMI Kota Cilegon Siapkan Baksos Berkah Lebaran

BERBAGAI kegiatan disiapkan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 H. Beberapa kegiatan di antaranya Bakti Sosial (Baksos) Berkah Ramadan dan Siaga Pertolongan Pertama (PP) Insidentil dan Ambulans dalam Pengamanan Arus Mudik (PAM) lebaran. Dua kegiatan tersebut merupakan agenda kegiatan rutin tahunan yang dilakukan PMI Kota Cilegon.

Untuk menyukseskan program kerja tersebut, PMI Kota Cilegon menggelar rapat koordinasi (Rakor) internal di Ruang Pengurus PMI Kota Cilegon, Rabu (15/5/2019). Rakor dihadiri Wakil Ketua PMI Kota Cilegon, Erwin Harahap, Sekretaris, Ujang Samsul, Ketua Bidang Yankessos dan UDD, dr. Arriadna serta jajaran Pengurus PMI Kota Cilegon lainnya.

Ketua PMI Kota Cilegon Abdul Hakim Lubis, saat memimpin rakor tersebut mengatakan, dalam baksos nanti pihaknya akan memberi paket bingkisan untuk anak-anak yatim dan duafa. Sementara itu untuk kegiatan pengamanan arus mudik lebaran akan dilaksanakan mulai dari H-7 di 4 pos di antaranya di Terminal Terpadu Merak, Simpang Tiga Landmark, Lampu Merah PCI dan Simpang JLS Ciwandan.

“Kegiatan baksos ini berupa paket bingkisan untuk anak-anak yatim dan duafa, yang mana kita khususkan untuk wilayah terdekat sekitaran markas PMI dan wilayah atas di Kampung Ciporong-Merak. Sementara untuk pengamanan Siaga PP Insidentil Ambulans mudik lebaran kami agendakan di H-7 lebaran,” ujarnya.

Dia menuturkan, dalam melaksanakan program tersebut, PMI Kota Cilegon akan bekerja sama dengan berbagai instansi lainnya seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), aparat kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Taruna Siaga Bencana (Tagana) serta instansi lainnya.

”Jadi dalam pengamanan mudik lebaran ,PMI akan ikut serta dengan instansi lainnya dan sesuai dengan rencana yang sudah dilakukan,” tuturnya.

Kepala Markas PMI Kota Cilegon Nurwarta Wiguna mengatakan, untuk persiapan pihaknya sudah melakukan rapat internal dengan Korp Sukarela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR). Kedua organisasi tersebut merupakan binaan PMI langsung.

”Jadi, kami sudah melakukan rapat dan ada sekitar 30 KSR serta 20 TSR yang akan dilibatkan. Nanti pembagian jadwalnya seperti apa, kami sedang merancang.Yang pasti, kami akan jadikan 2 sampai 3 shift. Begitupun dengan Pam Wisata, kami akan bergabung dengan PMI Kabupaten Serang,” ucapnya. (Himawan Sutanto)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here