PMI Kota Cilegon Siapkan Ambulans

CILEGON, (KB).- Untuk memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon membuka Pos Pelayanan Kesehatan Pertolongan Pertama (PP) dan Ambulans kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon di Area Terminal Terpadu Merak (TTM), Jumat (27/12/2019).

Ketua PMI Kota Cilegon Abdul Hakim Lubis mengatakan, kegiatan siaga PP dan ambulans tersebut, dilaksanakan selama 7 hari dan terhitung dari Kamis (26/12/2019 hingga Kamis (2/1/2020) yang berlokasi di TTM Cilegon.

“Sementara, untuk malam pergantian Tahun Baru Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020) pelayanan PP ambulans akan difokuskan di Alun-alun Kota Cilegon,” katanya seusai menggelar rakor persiapan Muker 2020.

Ia menuturkan, kegiatan Siaga Pertolongan Pertama dan Ambulans Libur Natal dan Tahun Baru tersebut, merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh PMI Kota Cilegon setiap tahunnya, sebagai bentuk pelayanan yang diberikan PMI Kota Cilegon kepada masyarakat khususnya yang akan melakukan liburan pergantian tahun yang melintas di Terminal Terpadu Merak atau Pelabuhan Merak.

“Untuk wilayah wisata Anyer berbeda, karena masuk wilayah Kabupaten Serang, terkecuali di daerah perbatasan, seperti Kecamatan Ciwandan kami menyiapkan tim unit reaksi cepat (URC) untuk tanggap darurat kebencanaan,” ujarnya.

Berdasarkan laporan dari petugas posko, sampai dengan saat ini, pihaknya sudah melayani puluhan orang yang membutuhkan kesehatan. Melalui pelayanan tersebut, masyarakat bisa terbantu, khususnya bagi yang akan merayakan libur Natal dan Tahun Baru bersama.

Dalam pengamanan libur Natal dan Tahun Baru, personel PMI Cilegon memberikan penanganan kepada Jefri berusia 54 tahun kondektur bus Asli Prima yang sengaja berobat ke Pos Kesehatan untuk membersihkan luka dan mengganti kasa, karena anggota gerak bawah punggung kaki sebelah kanan terkena ranting pohon.

Kemudian, ada Fathullah (53) asal Lampung yang hendak ke Cilegon yang mengalami pingsan di Terminal Terpadu Merak dan dibawa oleh personel Dishub ke posko kesehatan. Kami berusaha semampu kami untuk memberikan pertolongan.

Sementara itu, Kepala Divisi Pelayanan Kesehatan (Yankes) PMI Kota Cilegon Ade Syaifullah mengatakan, ada 2 sif setiap harinya dengan 3 orang personel. Tim PP PMI Kota Cilegon dalam memberikan penanganan kepada pasien yang membutuhkan sudah terlatih.

“Pada kegiatan Siaga PP Ambulans Libur Natal dan Tahun Baru ini ada 2 sif yang bertugas, di setiap sifnya akan ada 3 orang personeil yang standby untuk memberikan bantuan pertolongan pertama dan ambulans bagi yang membutuhkan,” ucapnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here