PMI Kota Cilegon Gelar Pengecekan Golongan Darah

CILEGON, (KB).- Pihak Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon, Jumat (19/5/2017) menggelar kegiatan pengecekan golongan darah gratis bagi warga di Kelurahan Randakari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon. Kepala Markas PMI Kota Cilegon, Nurwarta Wiguna menyatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kerja sama yang tengah dijalin antara pihak PMI Kota Cilegon dengan Kelurahan Randakari program Pengurangan Risiko Terpadu Berbasis Masyarakat (Pertama).

“Saat ini, kami sedang menjajaki kerja sama Program Pertama di Kelurahan Randakari. Kegiatan yang dijalin, antara lain Pembentukan Kelompok Donor Darah Sukarela Kelurahan, Pelatihan Manajemen Bencana bagi Pengurus RT/RW, Pelatihan Pengelolaan Website dan Android, Pelatihan Dapur Umum untuk Kaum Ibu, Bantuan Kacamata Baca bagi Anak Usia SD, dan Bantuan Buku untuk Lumbung Ilmu,” katanya.

Ia menegaskan, kerja sama tersebut akan difokuskan di RW01 yang saat ini sedang menjalankan Program Kampung Ramah Lingkungan (Prokarling). “Antusias warga pada kegiatan pengecekan golongan darah sangat besar. Meski didominasi usia dewasa, namun puluhan anak usia 5 sampai 10 tahun juga ikut dicek golongan darahnya,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Randakari, Suimah menyambut baik kerja sama antara pihak PMI dengan Kelurahan Randakari. “Kami sangat berterima kasih kepada PMI Kota Cilegon yang tahun ini melaksanakan kerja sama program kemanuasiaan dengan Kelurahan Randakari. Insya Allah, warga kami akan antusias menyambut program yang sangat bermanfaat itu,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Ketua RW01 selaku Ketua Prokarling Randakari, Ngapiyo Wahyudi didampingi Heri Suherman (Pengelola Bank Sampah Berkah Lestari). “Kami juga menyambut baik program dari PMI Kota Cilegon untuk meningkatkan kepedulian warga dalam menolong sesama. Diawali dengan pengecekan golongan darah, yang mudah-mudahan ke depan warga kami bisa menjadi pendonor darah,” ucapnya. Ia berharap, kegiatan lainnya dari program kerja sama pihak PMI dengan Prokarling Randakari bisa berjalan dengan lancar. (H-43)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here