Selasa, 11 Desember 2018

PMI Kota Cilegon ”Assessment” Sumber Air Ciporong

CILEGON, (KB).- Sebagai upaya pengurangan risiko bencana (PRB) pada perlindungan sumber air, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon melakukan assessment terhadap sumber mata air yang berada di Lingkungan Ciporong, tepatnya di RT03/RW04, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Rabu (14/11/2018).

Dalam kegiatan tersebut, 3 personel PMI Kota Cilegon, yakni Kepala Markas PMI Kota Cilegon, Nurwarta Wiguna, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana, Alim, dan Biro Umum, Maksum melakukan assessment kebutuhan masyarakat terkait sumber air tersebut.

“Kedatangan kami ke Ciporong guna melakukan assessment, di mana memang di situ hanya ada satu-satunya mata air yang harus dijaga dan akan kami buatkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengambil air,” kata Kepala Markas PMI Kota Cilegon, Nurwarta Wiguna.

Ia menuturkan, tim assessment berkoordinasi dengan Ketua RT03 Lingkungan Ciporong, Samani bersama dengan perwakilan beberapa warga. Dari hasil obrolan tersebut, ujar dia, sejumlah permasalahan telah dicatat dan akan dirapatkan langsung dengan pengurus.

“Kegiatan ini sudah menjadi atensi bagi PMI Kota Cilegon, di mana terdapat satu sumber air dan satu kolam air yang digunakan kaum perempuan atau ibu rumah tangga di sana untuk mencuci dan mandi, bahkan dalam memasak juga mereka mengambil dari air tersebut,” ucapnya.

Atas dasar tersebut, PMI Kota Cilegon berencana melakukan pengurangan risiko terpadu berbasis masyarakat (PERTAMA) PMI Kota Cilegon di Ciporong, meliputi berbagai tahap, sehingga masyarakat Ciporong bisa menikmati air tersebut tapa kendala.

“Aksi kami nanti, meliputi perlindungan sumber air dengan pembangunan sarana mandi dan cuci, kemudian mitigasi bencana dan kampanye pola hidup bersih dan sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RT03 Lingkungan Ciporong, Samani mengapresiasi kepedulian PMI Kota Cilegon, mengingat selama ini sumber mata air tersebut menjadi satu-satunya yang dipergunakan oleh warga setempat.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian PMI Kota Cilegon yang akan membangun sarana di sekitar mata air. Kami berharap, pembangunan tersebut secepatnya dilakukan, sehingga masyarakat kami bisa dengan aman dan nyaman mengambil air,” katanya. (HS)*


Sekilas Info

Jelang Pemilihan Calon Wakil Wali Kota Cilegon, PKS Lirik Reno

CILEGON, (KB).- Peta politik pada konstelasi pemilihan Wakil Wali Kota Cilegon kini telah berubah. Tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *