PMI Banten Kambali Salurkan Bantuan kepada Penyintas Tsunami di Pandeglang

PANDEGLANG, (KB).- PMI Provinsi Banten kembali menyalurkan donasi dari masyarakat kepada penyintas Tsunami Selat Sunda di hunian sementara (huntara) di Kampung Paniis Desa Taman Jaya Kecamatan Sumur, Pandgelang, Kamis (4/7/2019).

Bantuan untuk korban musibah tsunami diserahkan Kepala Markas PMI Provinsi Banten Embay Bahriyah. Dalam kegiatan tersebut Embay didampingi staf Divisi Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Banten Awang Hendriawan dan Kepala Markas PMI Kabupaten Pandeglang Basori.

Jumlah penerima bantuan tersebut sebanyak 30 kepala keluarga (KK). Masing-masing kepala keluarga menerima bantuan berupa uang tunai senilai Rp 500 ribu.

Kepala Markas PMI Provinsi Banten Embay Bahriyah menjelaskan kepada Kabar Banten, sebelumnya, PMI Provinsi Banten telah menyalurkan donasi dari masyarakat kepada para penyintas Tsunami Selat Sunda di Kabupaten Pandeglang dan Serang.

Pendistribusian bantuan donasi tersebut berlangsung dua hari,  Rabu dan Kamis (29-30/05/2019). Kegiatan PMI Banten ini dibantu PMI Kabupaten Pandeglang dan PMI Kabupaten Serang.

Menurut Embay pendistribusian pertama dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yaitu di hunian sementara (huntara) Kampung Pasir Malang Desa Sumberjaya Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Jumlah kepala keluarga (KK) yang menerima bantuan di sana sebanyak 208 KK. Mereka menerima bantuan berupa dana tunai senilai Rp 500 ribu/KK. Selain itu, mereka juga menerima peralatan dapur seperti teko, wajan dan panci.

Lokasi kedua penerima bantuan di Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang. Jumlah kepala keluarga yang menerima bantuan sebanyak 95 KK.

Kegiatan pendistribuan donasi hari pertama disaksikan Divisi Bencana PMI Pusat  Heri Bule dan perwakilan International Federation of Red Cross and Crescent (IFRC) Roger Alonso dari Jenewa.

Penyerahan bantuan kedua berlangsung di huntara Citanggok Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Penerima manfaatnya sebanyak 137 KK. Selain itu, mereka juga menerima bantuan 60 dus air mineral.

Embay Bahriyah menjelaskan sebelum mendistribusikan donasi dari masyarakat tersebut, PMI Provinsi Banten mengecek dulu data penerima manfaat. Upaya ini dilakukan agar pendistribusian donasi dari masyarakat itu sampai kepada pihak yang berhak menerimanya.

“Jadi, saat penyerahan bantuan tersebut berdasarkan nama dan alamat yang sudah divalidasi sebelumnya,” katanya.

Menurut Embay kegiatan validasi data penerima mamfaat itu ditujukan untuk memastikan bahwa bantuan tersebut disalurkan kepada orang yang tepat. “Jadi, insya Allah, donasi masyarakat itu kami distribusikan kepada orang tepat,” ujarnya.

Pada bagian lain Embay menyampaikan ucapakan terima kasih dari Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah kepada berbagai pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada PMI Banten untuk menyalurkan bantuannya kepada korban bencana tsunami Selatan Sunda.

“Donasi masyarakat ini adalah amanah. Oleh karena itu, kami harus memastikan bahwa bantuan itu pun sampai kepada masyarakat yang berhak menerimanya,” pungkas Embay.(EM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here