Selasa, 19 Februari 2019
Breaking News
Petugas Satpol PP membantu mengangkut barang dagangan pedagang ke Kawasan Terminal Sukadiri, Banten Lama, Kota Serang, Senin (16/7/2018).

PKL di Sekitar Masjid Agung Banten Mulai Dipindahkan

SERANG, (KB).- Pedagang kaki lima (PKL) di zona inti Kawasan Banten Lama mulai Senin (16/7/2018) kemarin dipindahkan ke Terminal Sukadiri. Pantauan di lokasi, relokasi PKL yang berada di sekitar Masjid Agung Banten dibantu aparat dari Satpol PP. Di saat bersamaan, alat berat mulai beroperasi di alun-alun dan kios yang baru dibangun. Selain itu, akses menuju Banten Lama mulai dialihkan melalui Terminal Sukadiri.

Kabid Infrastruktur Pemukiman pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Provinsi Banten, Rinto Yuwono menuturkan, penataan tersebut dimulai dengan pemindahan PKL dari kawasan inti sekitar Masjid Agung Banten ke sekitar Terminal Sukadiri. “Konsentrasi hari ini (kemarin) memindahkan teman-teman pedagang dari sini ke Terminal Sukadiri. Mulai hari ini (16/7/2018),” katanya saat ditemui di lokasi.

Menurut dia, pedagang sudah diberikan peringatan oleh pihak Satpol PP, sehingga rencana pemindahan tidak membuat kaget maupun perlawanan dari pedagang. Selain pemindahan PKL tersebut, pekerjaan awal dari Dinas PRKP, adalah pembongkaran paving block di alun-alun masjid untuk selanjutnya diratakan dengan bekas kawasan yang digunakan PKL. “Ini pembongkaran sebagai pekerjaan awal,” tuturnya.

Petugas Satpol PP membantu mengangkut barang dagangan pedagang ke Kawasan Terminal Sukadiri, Banten Lama, Kota Serang, Senin (16/7/2018).

Pelaksana Tugas (Plt) Kasi Ops Satpol PP Provinsi Banten, Ahmad T Pardede menuturkan, pihaknya sudah memiliki kesepakatan dengan para pedagang untuk memindahkan barang dagangannya kemarin. Sehingga, pembongkaran dilakukan sendiri oleh pedagang atas dasar kesadaran. Satpol PP, ujar dia, hanya membantu memindahkan barang para pedagang. “Ini istilahnya lahan PKL obat nyamuk. Kami lakukan secara persuasif dan sudah ada kesepakatan dengan pedagang, tidak ada bongkar paksa di sini,” ucapnya.

Satpol PP menurunkan sebanyak 75 personel gabungan dari Provinsi Banten dan Kota Serang untuk membantu pemindahan barang dagangan para pedagang ke Terminal Sukadiri untuk sementara sebelum ditempatkan secara permanen. “Sementara diarahkan ke sana (Sukadiri). Nanti di Sukadiri akan dibuat lagi penataannya dengan Indag,” katanya. Meskipun lahan yang disediakan belum maksimal, dia berharap, pedagang bisa menerima, karena pemindahan tersebut, hanya bersifat sementara.

Lahan di Sukadiri, ujar dia, kios yang dibangun Perkim dengan rangka baja. “Kemungkinan relokasi ini bisa lebih dari satu hari. Tapi, tetap kami akan berusaha secepatnya,” ucapnya. Menurut dia, PKL sudah menyadari, bahwa tujuan pemerintah mempercantik Kawasan Cagar Budaya Banten Lama bukan hanya untuk kepentingan satu pihak saja. Tetapi, juga PKL juga akan merasakan hasil positifnya. “Kejadian yang kemarin (protes PKL) saya pikir hanya dinamika kecil di lapangan lah, namanya di lapangan panas segala macam dinamika selalu ada,” tuturnya.

Sementara, Dinas Perkim Kota Serang menargetkan, pemenuhan sarana dan prasarana di kios pedagang Banten Lama rampung tahun ini. Sebab, saat ini, pihaknya masih menunggu proses tender. “Kami melakukan koordinasi dengan provinsi. Anggarannya menggunakan bantuan provinsi,” kata Kepala Dinas Perkim Kota Serang, Hidayat.

Menurut dia, Dinas Perkim Kota Serang membantu dalam pemasangan instalasi air saja. Sementara, untuk jumlah anggaran menjadi tanggung jawab provinsi. Pihaknya menargetkan, pemasangan instalasi air dapat selesai tahun ini, agar para pedagang segera menempatkan kios yang sudah disediakan. “Nanti akan dipasang pipa-pipa air dan keran air untuk di kios itu. Itu kerja sama dengan provinsi,” ujarnya.

Dari 500 kios yang telah selesai dibangun, dia menuturkan, belum ada yang di pasang untuk aliran air maupun listrik. Ia menyakini, proses tersebut akan segera dikerjakan dan diselesaikan. “Kalau listrik itu Dishub, jalannya itu PUPR, kami bagian pemasangan instalasi air. Bagian pasang keran air. Insya Allah tahun ini selesai,” ucapnya. (Masykur/TM/RI)*


Sekilas Info

PEMBERITAHUAN RENCANA PENGADAAN TANAH UNTUK PENAMBAHAN LAJUR KE-4 JALAN TOL TANGERANG-MERAK TAHAP II DAN TAHAP III

PEMERINTAH PROVINSI BANTEN SEKRETARIAT DAERAH Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Jl. Syech Nawawi Al-Bantani, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *