PKL Bebas Berjualan di Alun-alun Pandeglang

Plt Kasatpol PP Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengatakan, memasuki Car Free Day, pedagang kaki lima (PKL) diperbolehkan untuk berjualan di seputar Alun-alun Pandeglang, Ahad (15/9/2019). Padahal, PKL sudah ditempatkan di Wisata Kuliner Pandeglang Berkah di Jalan Gedung Juang Pandeglang.

Fahmi mengatakan, saat car fre day setiap Ahad, pihaknya hanya membatasi waktu berjualan bagi PKL. Namun, kata dia, PKL agar tetap memperhatikan aspek kebersihan dan keindahan Alun-alun Pandeglang.

“Kita itu sudah sampaikan dalam rakor juga kepada PKL. Perlu ada ruang tetapi hanya untuk hari Ahad saja pada acara car fre day, tetapi dibatasi jamnya. Juga berjualan jangan di taman hanya di trotoar saja,” tuturnya.

Tetapi, kata Fahmi, pada hari biasa PKL yang masih membandel dengan berjualan di seputar alun-alun, akan dilakukan tindakan tegas.

“Tapi yang namanya penertiban tidak mudah yang dibayangkan karena kaitan dengan perut. Terus lagi tentunya tahu bagaimana kondisi Pol PP sekarang. Ini tantangan bagi kami untuk adanya perubahan di Pol PP,” kata Fahmi yang juga menjabat Kepala BKD Kabupaten Pandeglang.

Hal senada juga disampaikan Kabid Trantib Pol PP Pandeglang, Johanes. Ia menyatakan, tidak mudah untuk menertibkan para PKL meski bupati sudah menyiapkan relokasi di wisata kuliner.

“Sedikit demi sedikit kita kasih pengertian dan imbauan pada PKL. Kita berupaya kasih pengertian ke mereka. Kita berhadapan dengan masyarakat juga, bukan ga bisa tegas, insya Allah butuh waktu,” tuturnya. (Iman Fathurohman)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here