PKK Kota Serang Gagas Gerakan Menyapu

Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Serang Ade Jumaiah Syafrudin memberikan komando secara langsung pada gerakan menyapu di Kampung Sinaba II, RT 18/RW08, Kelurahan Kilasah, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Rabu (7/8/2019).

Istri Wali Kota Serang tersebut mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. “Jika lingkungannya bersih, maka masyarakatnya juga akan sehat. Jika sudah sehat, maka akan lahir generasi-generasi yang cerdas,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya masih sangat minim. Padahal, dampak dari lingkungan yang tidak dijaga kebersihannya akan memunculkan persoalan-persoalan baru, seperti persoalan kesehatan dan bahkan dapat menyebabkan terjadinya banjir.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat Kota Serang, agar mulai menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. Menurut dia, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara yang paling sederana, seperti gerakan menyapu pagi dan sore.

“Mulai dari yang paling sederhana, seperti menyapu lingkungan setiap pagi dan sore hari,” ucapnya.

Ia menuturkan, Kampung Sinaba akan diproyeksikan menjadi salah satu wilayah yang menjadi fokus ge-rakan menyapu pagi dan sore yang digagasnya. Bahkan, kampung tersebut diproyeksikan menjadi kampung wisata.

“Setiap bulan akan kami pantau perkembangannya, rencananya dari kampung yang kumuh akan kami jadikan kampung wisata,” ujarnya.

Ia meminta kepada semua pihak terutama seluruh kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Serang, agar dapat turut mendukung program gagasannya. Sebab, tutur dia, untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan bukan hal yang mudah dan harus didorong oleh banyak pihak.

“Dalam setiap kegiatan Binwil (bina wilayah PKK) saya selalu menekankan kepada lurah-lurah, agar menggerakkan RT/RW-nya untuk menggalakkan gerakan menyapu pagi sore dan membentuk komunitas peduli lingkungan,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua RW08 Sariman menyambut baik kedatangan istri orang nomor satu di Kota Serang tersebut. Dengan adanya dorongan dari pemerintah, masyarakat akan lebih tergerak lagi untuk mencintai kebersihan lingkungannya.

“Masalah gerakan kebersihan arahan dari ibu wali kota ini akan kami lanjutkan. Kami akan terus gerakan masyarakat untuk melakukan gerakan nyapu sore dan pagi ini,” ujarnya. (Masykur/Rifki)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here