PKBM Sekar Terapkan Ujian Daring

SERANG, (KB).- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sekar di Kampung Sebe Karamat, Desa Garut, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang menerapkan ujian kesetaraan paket A, B dan C tahun pelajaran 2019/2020 secara ‘online’ atau dalam jaringan (daring).

Ketua PKBM Sekar, Sopian Wadi mengatakan, pihaknya sudah melakukan kegiatan secara daring bekerjasama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization regional open distance learning center (Seamolec), karena warga yang belajar di PKBM Sekar ada yang berasal dari Sukabumi, Jawa barat, sehingga pihaknya memfasilitasi pembelajaran daring.

“Kami sudah melaksanakan kegiatan secara daring pada Juli 2019 lalu, bahkan sebanyak 100 orang yang belajar di PKBM Sekar berasal dari Sukabumi. Untuk itu, dalam penerapan belajar daring kami bekerjasama dengan Seamolec,” ujar Sopian, Ahad (5/4/2020).

Ia menuturkan, tutor-tutor PKBM Sekar sudah dilatih oleh Seamolec untuk pembelajaran daring. Selain itu, pihaknya juga menunggu perkembangan wabah virus corona atau Covid-19 yang saat ini sedang melanda.

Kalau ujian, kata dia, pihaknya sudah melaksanakan sebelum wabah Covid-19. Namun, untuk ujian akhir semester tatap muka masih menunggu situasi membaik. Kalaupun belum pihaknya akan melaksanakan secara daring.

“Kalau sudah bisa masuk kembali, kami akan melaksanakan ujian tatap muka, kalau melihat perkembangan seperti ini kayaknya kami akan melaksanakannya secara daring. Nanti kita akan buat dari semuanya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, di PKBM Sekar sudah memiliki kelas daring masing-masing, sudah ada kode nya tetapi dalam menerapkan pembelajaran daring tersebut terkendala dengan kuota data, baik siswa ataupun tutor nya harus memiliki banyak kuota data. Selain itu, ada kesulitan karena banyak yang mengakses laman tersebut.

“Ada pembelajaran dari dari Sukabumi, kita menggunakan daring bagi mereka yang terkendala belajar tatap muka di sekolah, misalkan Ahad siswa harus kerja dan tidak bisa ke sekolah, kita fasilitasi dengan daring, tapi yang tidak kerja kami fasilitasi dengan tatap muka,” ujar Sopian.(DE)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here