Senin, 18 Juni 2018

PJBN Ajak Masyarakat Lestarikan Kesenian Banten

SERANG, (KB).- Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) mengajak masyarakat Banten untuk melestarikan kesenian dan budaya Banten.

Dikatakan ketua DPW PJBN Provinsi Banten Tubagus Sahrudin, ia menilai pembinaan terhadap kesenian Banten kurang mendapat perhatian masyarakat. Padalah, animo anak muda terhadap seni budaya sangat tinggi.

“Tanpa dukungan ortangtua ini berjalannya agak lambat. Harus kita kembangkan mengembangan seni budaya di Banten agar lebih maju dan lebih terkenal lagi,” kata TB Sahrudin usai buka bersama PJBN di Hotel Ledian, Kota Serang, Jumat (9/6/2018).

Ia menuturkan Kesenian jalak Banten ini identik dengan Jawa Barat seperti debus dan pencak silat. Untuk itu, kata dia, supaya mengangkat marwah budaya Banten agar jangan sampai tenggelam warisan leluhur yang sudah ada.

“Seni budaya Banten ini jangan sampai hilang ditelan arus zaman. Harus kita lestarikan. Untuk itu para orangtua juga sangat penting sekali,” tuturnya.

Bahkan, ia mengajak memulai dari yang terkecil yakni diri sendiri, untuk selanjutnya ke yang lebih besar dilingkungan masyarakat.

“Seni budaya, harus timbul dari diri sendiri. Dari hal kecil orang per orang dan lebih besar lagi ke lingkungan sekitar sampai besar lagi,” ucapnya.

Senada disampaikan Sekjen DPP PJBN, Edi Krisnamurti berharap jalak Banten bisa memunculkan kembali sejarah kejayaan Banten dengan menghidupkan kembali kebudayaan Banten.

Menurutnya, kebudayaan Banten ini lahir dari Kesultanan Banten yang telah menyebarkan islam dan meingkatkan perekonian di Banten.

“Harapannya jalak Banten ini bisa memakmurkan kembali, menghidupkan kembali sejarah Banten yang dulu ada,” ujarnya. (Masykur)*


Sekilas Info

Tim Favoritnya Gagal Lolos ke Piala Dunia, Wagub Banten Alihkan Dukungan untuk Brasil

SERANG, (KB).- Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy kecewa berat tim kesayangannya, Italia, gagal tampil di Piala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *