Piutang BPJS Ketenagakerjaan Capai Rp 15 Miliar

Muhallif, Kepala Cabang Kantor BPJS Ketenagakerjaan Serang.*

SERANG, (KB).- Total piutang BPJS Ketenagakerjaan Serang sepanjang 2017 mencapai Rp 15 miliar. Piutang tersebut diperoleh dari sebanyak 860 perusahaan yang tersebar di kabupaten/kota Serang, Pandeglang, Lebak, dan Kota Cilegon. Hal tersebut diungkapkan Kepala Cabang Kantor BPJS Ketenagakerjaan Serang, Muhallif.

Sebelumnya, per Maret 2017 piutang yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan Serang sebesar Rp 50 miliar. “Besarnya piutang ini, karena setelah dilakukan verifikasi ke lapangan, perusahaan ada yang sudah tutup dan ada juga perusahaan yang mengalami masalah keuangan,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (9/4/2018).

Namun, dia menjelaskan, memasuki triwulan I 2018 saat ini mulai berkurang sebesar Rp 6,5 miliar. Sebab, sebagian perusahaan sudah mulai membayar dengan cara menyicil. “Kami juga terus melakukan upaya dengan memberikan pemberitahuan melalui surat, agar segera melunasi piutang yang ada,” ujarnya.

Saat ini, ucap dia, BPJS Ketenagakerjaan Serang telah melakukan kerja sama dengan Disnakertrans Provinsi Banten, Kejaksaan, serta Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) jika mendapati perusahaan yang membandel.  “Kalau perusahaan tidak mau membayar piutang, tetapi perusahaannya ada, maka aset mereka bisa dilelang untuk membayar piutang itu,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here