Pipa Penarik Air Baku PDAM Dipenuhi Lumpur

Intake atau pipa penarik air baku di instalasi pengolahan air di Desa Bojong Cae, Kecamatan Cibadak nampak dipenuhi lumpur akibat luapan Sungai Ciujung, beberapa waktu lalu.*

LEBAK, (KB).- Pascakenaikan permukaan air serta debit arus Sungai Ciujung pipa intake atau pipa penarik air baku di instalasi pengolahan air (IPA) di Desa Bojong Cae, Kecamatan Cibadak dipenuhi lumpur. Akibat kondisi tersebut, maka pipa intake tersebut kurang berfungsi dengan baik, sehingga penarikan air baku dari Sungai Ciujung tidak normal dan pendistribusian air bersih dari IPA tersebut kepada seluruh pelanggan di wilayah Cibadak, serta Kecamatan Warunggunung menjadi kurang maksimal.

Agar kondisi penarikan air melalui pipa intake tersebut kembali normal, maka sejak Sabtu hingga Ahad (3-4/2/2018), pihak teknisi PDAM terus melakukan perbaikan sekaligus melakukan pengurasan lumpur dari pimpa intake tersebut. Kepala Unit PDAM Tirta Multatuli Kalanganyar, Cibadak dan Warunggunung, Aji Suraji membenarkan jika pipa penarik air baku pada IPA PDAM di Bojong Cae dipenuhi lumpur. Akibatnya, permukaan air serta debit air Sungai Ciujung mengalami peningkatan sejak beberapa hari lalu.

”Setelah permukaan air serta debit Sungai Ciujung surut, distribusi air bersih dari IPA di Bojong Cae terhadap masing-masing pelanggan di Cibadak dan Warunggunung menjadi kurang maksimal. Lalu ketika kami periksa, ternyata pipa penarik air baku dari di bantaran Sungai Ciujung dipenuhi lumpur,” kata Aji Suraji, Ahad (4/2/2018). Ditambahkannya, agar penarikan air bakunya kembali maksimal, serta distribusi air bersih kepada masing-masing pelanggan PDAM kembali lancar, pihaknya langsung melakukan perbaikan sekaligus pengurasan lumpur dari lokasi pompa penarik air baku tersebut.

Bahkan, setelah perbaikan dan pengurasannya dilakukan selama dua hari (Sabtu-Ahad), maka kini pipa penarik air bakunya kembali normal. ”Sore hari ini (kemarin), penarikan air baku dari Sungai Ciujung menuju pengolahan air pada IPA di Bojong Cae berjalan baik, sehingga pendistribusian air kepada seluruh pelanggan PDAM di Cibadak maupun di Warunggunung kembali normal,” ujarnya.

Kepala Bagian Produksi pada PDAM Tirta Multatuli Lebak, Alan Susastra menambahkan, mengingat kondisi permukaan air serta debit Ciujung sering naik turun akibat curah hujan yang tinggi, pihaknya akan rutin melakukan pemeriksaan terhadap pipa intake di IPA Desa Bojong Cae. ”Lumpur yang terbawa arus Sungai Ciujung memang bisa mengakibatkan pipa intake di IPA Bojong Cae rusak dan mampet. Sehingga, tidak bisa menarik air secara maksimal,” tutur Alan Susastra. (Lugay/Job)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here