Pimpinan DPRD Provinsi Banten, Demokrat Usulkan 3 Nama

SERANG, (KB).- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Banten mengusulkan tiga nama ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat untuk menjadi pimpinan DPRD Provinsi Banten. Tiga nama tersebut untuk ditempatkan sebagai Wakil Ketua DPRD dan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Banten.

Sekretaris DPD Demokrat Banten Eko Susilo telah menjaring nama-nama caleg Demokrat yang terpilih untuk menjadi pimpinan di DPRD Banten. Dari sekian nama yang masuk pertimbangan dikerucutkan menjadi tiga nama yang diusulkan ke DPP. ”Kita (DPD Demokrat) sudah selesaikan fit and proper test (calon pimpinan DPRD Banten),” katanya.

Dari tiga nama itu, DPP akan menentukan dua di antaranya untuk menempati posisi Wakil Ketua DPRD Banten dan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Banten. ”Yang disampaikan ke DPP adalah, calon pimpinan dewan dan ketua fraksi,” ujarnya.

Pengusulan tiga nama, kata dia, merupakan amanat dari juklak dan peraturan organisasi di Demokrat. Untuk nama-nama yang diusulkannya, ia belum bisa membeberkannya. ”Jadi semua sudah diatur. Untuk nama, kita belum bisa buka,” ucapnya.

Menurut informasinya, surat keputusan DPP tentang nama-nama yang menjadi Wakil Ketua DPRD dan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Banten turut pekan depan. ”Insya Allah minggu depan sudah ada. Nanti kita kabarin,” tuturnya.

Ia berharap, Wakil Ketua DPRD Banten dari Partai Demokrat bisa berkontribusi besar terhadap masyarakat, terutama mengawal 14 program prioritas Demokrat ke di DPRD Banten. ”Program-program yang pro rakyat, tidak mengedepankan kepentingan pribadi,” kata Eko.

Fitron dan Fahmi mencuat

Tidak hanya Partai Demokrat, Partai Golkar juga sudah menerawang caleg terpilih yang memungkinkan untuk mengisi jatah pimpinan DPRD Provinsi Banten. Informasi yang dihimpun, sejauh ini sudah ada dua nama yang mulai santer di internal Golkar, yaitu Fitron Nur Ikhsan dan Fahmi Hakim.

”(Golkar) Provinsi (Banten) nanti kita rapat pleno di provinsi, belum rapat plenonya,” ujar Ketua DPD Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah.

Disinggung terkait Fitron dan Fahmi yang mulai santer digadang-gadang mengisi kursi pimpinan DPRD Provinsi Banten dari Golkar, perempuan yang juga Bupati Serang ini tidak membantahnya. ”Iya, semua kader kan siap dari Golkar, semuanya,” ucapnya.

Sekretaris DPD Golkar Banten Bahrul Ulum segera mengusulkan nama-nama untuk mengisi pimpinan DPRD Banten. Nama-nama tersebut diputuskan dalam pleno DPD Golkar Banten. ”Kita akan usulkan ke DPP secepatnya sebelum tanggal 20 Agustus (2019),” tuturnya.

Berdasarkan petunjuk pelaksanaan (juklak) di Golkar, DPD diharuskan mengusulkan tiga nama ke DPP. Dari tiga nama ini DPP akan menentukan satu di antaranya menjadi Wakil Ketua DPRD Banten. ”Dalam juklak-nya harus mengirimkan nama mininal 3 nama. Nanti DPP menentapkan satu di antara tiga tersebut,” ucap Bahrul. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here