Pilkades Serentak 2019, Pemkab Tangerang Gandeng Akademisi

TANGERANG, (KB).- Menghadapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada November 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggandeng akademisi dalam menyeleksi calon kepala desa (kades).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengatakan, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinagor, Sumedang, Jawa Barat.

“Kami berharap, akademisi itu telah teruji dan menyeleksi, agar dapat melahirkan pemimpin yang berkualitas dan sesuai kemampuan,” katanya, Kamis (25/4/2019).

Menurut dia, pilkades dimulai November 2019 dan saat ini telah melalui beberapa tahapan. Ia menambahkan, perguruan tinggi tersebut, memiliki pengalaman dalam mencetak ASN yang andal, maka perlu ada kerja sama, agar kades yang lolos dapat bertugas dengan baik.

Sementara, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Kabupaten Tangerang Ahmad Hafid mengatakan, pilkades serentak dilakukan pada 153 desa. Hal tersebut, terkait masa berlaku jabatan kades yang tersebar 18 kecamatan Kabupaten Tangerang hanya hingga awal Juni 2019.

Pemkab Tangerang telah menyediakan dana pilkades sebesar Rp 5 miliar dari yang dibutuhkan Rp 22,5 miliar, sedangkan anggaran untuk pelaksanaan pilkades berasal dari APBD setempat 2019 dan sisanya dapat dicairkan pada Anggaran Belanja Tahunan (ABT).

Pelaksanaan pilkades serentak digelar Ahad (17/10/2019) pascapilres dan pileg serta pertengahan Juli 2019 dengan membentuk Badan Permusyawarahan Desa (BPD) setempat. Namun, sebelumnya menetapkan pejabat sementara (pjs) kades, agar roda pemerintahan desa tetap berjalan seperti biasa demi pelayanan kepada penduduk setempat.

Diketahui, pjs kades adalah aparat sipil negara (ASN) yang dianggap telah berpengalaman bidang pemerintahan, biasanya yang bertugas di kantor kecamatan. Pihaknya melarang pjs kades dari tenaga guru atau medis, karena mereka lebih diutamakan mengajar maupun pelayanan kesehatan warga. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here