Pilkades Harus Demokratis dan Bermartabat

BUPATI Lebak Iti Octavia Jayabaya menyampaikan agar pelaksanaan pesta demokrasi Pilkades serentak 2019 bisa berlangsung demokratis dan bermartabat. Pilkades juga bisa menghasilkan pemimpin desa yang mengayomi dan menyejahterakan masyarakatnya.

“Saya tidak ingin pesta demokrasi ini tercederai oleh kita sendiri akibat perbedaan pemahaman didalam memaknai arti sesungguhnya dari pelaksanaan pilkades. Pilkades bukan ajang untuk saling menjatuhkan dan mengalahkan, menebar kebencian dan permusuhan apalagi melakukan cara-cara yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan,” kata Iti Octavia Jayabaya saat acara deklarasi damai Pilkades yang dihadiri 36 calon Kepala desa (Calkades) di 10 desa 7 kecamatan di Aula Multatuli Setda Lebak, Selasa (15/10/2019).

Selain itu, bupati juga berpesan agar para calkades tampil elegan dengan visi misi yang menyentuh kehidupan masyarakat dan memanfaatkan. “Tiga hari masa kampanye agar dimanfaatkan menyampaikan ide, gagasan serta program-program dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Sementara Kapolres Lebak AKBP Firman Andreanto menyampaikan, dalam rangka menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibnas)selama berlangsungnya Pilkades serentak 22 Oktober 2019 nanti. Pihaknya akan menggelar pengamanan dengan mengedepankan kegiatan persuasif dan preventif yang didukung penegakan hukum dalam rangka mengamankan setiap tahapan Pilkades.

“Saya tegaskan kepada seluruh personel TNI/Polri untuk tetap menjaga netralitas dengan tidak berpihak kepada calon tertentu dalam memberikan pelayanan maupun tindakan kepolisian lainnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Lebak akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 22 Oktober 2019. Dari 19 tahapan Pilkades sampai penetapan Calkades telah masuk pada tahap ke 16, yaitu persiapan kampanye dan masa tenang. 10 Desa dari 7 kecamatan yang mengikuti Pilkades serentak yaitu, Desa Rangkasbitung, Desa Situregen, Desa Sawarna, Desa Sawarna Timur, Desa Kaduhauk, Desa Wantisari, Desa Sukamarga, Desa Margaluyu, Desa Jalupang Girang, dan Desa Cidadap. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here