Pilkada Tanpa ‘Incumbent’, Ibarat Sayur Tanpa Garam

Pemilihan kepada daerah (Pilkada) tanpa ‘incumbent’ bagaikan sayur tanpa garam. Apalagi ‘statemen’ Edi Ariadi yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Cilegon tidak maju lagi pada Pilkada Kota Cilegon 2020 mendatang.

Padahal Edi Ariadi menggantikan Wali Kota sebelumnya yang tersandung kasus korupsi berdasarkan putusan pengadilan beberapa waktu lalu, mempunyai peluang pada Pilkada Cilegon 2020.

Wakil Ketua Lembaga Kajian Publik Cilegon (LKPC) Juju Juhana menyayangkan mundurnya mantan birokrat yang sudah berpengalaman tersebut.

“Saya kira ini mengejutkan sekali kalau Pak Edi tidak mau mencalonkan, karena kalau ditinjau dari berbagai aspek, Pak Edi punya segalanya. Dari Partai, dia mampu melobi pada tingkat pusat. Informasi yang kami terima, beliau mendapatkan sejumlah rekomendasi mulai dari PDIP, PAN serta Nasdem,” ujar Juju kepada Kabar Banten, Selasa (9/7/2019).

Baca Juga : Pilkada Kota Cilegon 2020: Edi Ariadi tak Tertarik Maju Sebagai Petahana

Dia mengatakan, perhelatan Pilkada Kota Cilegon 2020, sepertinya akan semakin ramai, mengingat banyak sekali tokoh baik dari kalangan pemuda, pengusaha, mantan birokrat, kader partai yang akan maju. Namun, dengan tidak adanya petahana, suhu politik akan menurun.

“Walau sebelumnya santer digadang-gadang dengan Bu Ati dan juga PKS, akhirnya terjawab sudah Pak Edi tidak mencalonkan. Kami menghormati keputusan Pak Edi untuk tidak mencalonkan lagi pada Pilkada Cilegon 2020 walau alasannya kurang begitu jelas,” ujar Juju.

Walaupun tidak ada petahana, kata Juju, Pilkada akan tetap ramai, karena bisa saja salah satu pasangan akan memunculkan orang baru sebagai pemenang. Dan hal ini akan menjadikan pesta demokrasi di Kota Cilegon semakin ramai.

“Akan semakin menarik dalam perebutan C1 karena beberapa tokoh menyatakan siap untuk maju dalam Pilkada 2020. Yang pasti sebagai masyarakat Kota Cilegon, kami menginginkan Pilkada 2020 berjalan dengan lancar dan kondusif,” tuturnya. (Himawan Susanto)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here