Pilkada Serentak 2020 di Banten: Gunakan Aplikasi Sipeka, Bawaslu Mulai Rekrut Panwascam

Didih M Sudi, Bawaslu Banten.*

SERANG, (KB).- Bawaslu di Banten akan memulai perekrutan panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020 pada Novermber 2019. Pendaftaran tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi Sistem Pendaftaran Terbuka (Sipeka).

Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi menuturkan, perekrutan panwascam merupakan agenda persiapan pengawasan Pilkada 2020 yang dilaksanakan di empat kabupaten/kota se-Banten, yaitu Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, dan Kota Tangerang Selatan.

“(Perekrutan) November, tanggalnya belum ada. Ahad-Selasa ini sedang ada rakor SDM Bawaslu RI, mudah-mudahan dibahas (perekrutan Panwascam),” katanya.

Perekrutan ini berbeda dengan pemilu dan pilkada sebelumnya. Untuk tahun ini perekrutan rencananya dilakukan secara online yakni melalui Sipeka. “Sistem Pendaftaran Terbuka (Sipeka) untuk rekrutmen Panwascam. Ke depannya juga disiapkan untuk rekrutmen Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota,” ucapnya.

Dengan sistem tersebut tesnya juga dilakukan berbasis komputer. Bahkan, ada rencana tesnya menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) berbasis website. “Tapi masih menunggu juknis resminya,” kata pria yang juga mantan Anggota KPU Banten ini.

Ia berharap, perekrutan tersebut dilakukan secara objektif dan dapat menghasilkan pengawas yang independen. Sehingga, pengawasan pilkada di Banten berjalan dengan baik sesuai dengan amanat undang-undang.

Terkait dengan syarat pendaftaran, kata dia, prinsipnya sama dengan tahun sebelumnya. Mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Di antaranya minimal berusia 25 tahun dan tak terlibat dalam partai politik. “Sementara untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) lebih rendah, 17 tahun minimal,” katanya.

Nantinya, panwascam yang terpilih setiap kecamatan berjumlah tiga orang. Mereka juga dibantu dengan kesekretariatan. Sementara di bawah koordinasinya akan dibentuk juga pengawas tingkat desa/kelurahan.

Ia memastikan, perekrutan panwascam sudah rampung saat verifikasi dukungan calon perseorangan. Disinggung terkait penjaringan bakal calon di partai politik, ia menyerahkan prosesnya kepada partai politik masing-masing. Bawaslu tak diberikan kewenangan mencampurinya. “Dipastikan panwascam sudah terbentuk saat verifikasi dukungan calon perseorangan,” katanya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here