Pilkada Serentak 2020 di Banten: Ditunda, Tahapan Penjaringan Bakal Calon

SERANG, (KB).- Partai Demokrat dan Gerindra menunda sementara tahapan penjaringan bakal calon (balon) pada pilkada serentak 2020 di Banten akibat pandemi virus corona atau Covid-19. Tahapan tersebut dilanjutkan kembali setelah pandemi virus corona mereda.

Sekretaris DPD Gerindra Banten Andra Soni mengatakan, partainya sudah menyelesaikan tahapan penjaringan berupa pendaftaran sampai wawancara. Saat ini yang masih berjalan yaitu seleksi bakal calon yang akan direkomendasikan kepada DPP Gerindra.

“Proses penjaringan kan sudah selesai, tinggal menyeleksi,” kata Andra, Kamis (2/4/2020).

Akan tetapi, proses seleksi itu terpaksa ditunda karena Gerindra ingin fokus membantu pemerintah dalam penanganan virus corona.

“Tapi dengan kondisi yang ada, perkembangan-perkembangan terbaru kami lagi enggak ke sana (penjaringan). Kami sesuaikan dengan kondisi. Mau mengumumkan tapi pilkadanya ditunda, buat apa juga,” katanya.

Menurutnya, di tengah pandemi virus corona sudah selayaknya menggerakkan semua kalangan untuk terjun membantu pemerintah dan masyarakat. “Tentunya dari sisi kemanusiaan adalah bagaimana negara kita, wilayah Banten khususnya itu baik DPRD, pimpinan partai, bersama-sama bahu membahu fokusnya membantu pemerintah dan masyarakat,” tuturnya.
Ia mengatakan, sudah terdapat beberapa kandidat untuk kemudian diteruskan ke DPP. “Saya tidak bisa menyebutkan, intinya saya sudah menyebutkan beberapa kandidat. Kita tidak punya agenda kapan diserahkan (ke DPP Gerindra) karena secara nasional pun ini (pilkada) ada kemungkinan ini ditunda,” ujarnya.
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD Demokrat Banten Azwar Anas mengatakan, pandemi virus corona turut menghambat proses penjaringan balon pilkada Partai Demokrat.
Pelaksanaan pemaparan visi misi di Pandeglang yang rencananya digelar dalam waktu dekat ini tertunda karena larangan pengumpulan massa. “Pandeglang belum visi misi, kemarin mau tapi terhambat tidak boleh karena corona. Rencananya sih kemarin sebelum corona, tapi di kondisi seperti sekarang ini jadinya ditunda dulu,” ucapnya.
Sementara untuk penjaringan balon tiga daerah lain sampai saat ini tak ada yang terganggu. Karena ketiga daerah itu sudah selesai penyampaian visi misi. “Tinggal penggodokan di DPD Demokrat Banten untuk selanjutnya diserahkan ke DPP Demokrat. Belum ditentukan kapan rekomendasi dari DPD akan diserahkan ke DPP, masih komunikasi kepada kandidat partai koalisi,” katanya. (H-51)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here