Pilkada Pandeglang 2020, Tanto Serahkan ke Golkar Banten

PANDEGLANG, (KB).- Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban yang disebut-sebut akan duet lagi dengan petahana, hingga saat ini ia enggan angkat bicara. Meski demikian, Tanto memberi sinyal bahwa soal Pilkada Padeglang 2020 itu keputusannya ada di Golkar Banten.

Selain itu, Tanto belum bisa menyampaikan secara langsung soal arah dirinya maju atau tidak dalam Pilkada Pandeglang 2020. Dia hanya menyarankan untuk menanyakan arah politik Pilkada tersebut kepada Ketua DPD Partai Golkar Banten. Sebab keputusan finalnya tinggal disampaikan secara resmi oleh DPD Partai Golkar Provinsi Banten.

”Belum, saya tidak bisa menyampaikan. Tanya saja kepada Ibu Ketua DPD Golkar Provinsi Banten. Keputusannya sudah final, nanti beliau sampaikan. Sebab kalau saya yang menyampaikan kan tidak enak,” kata Tanto kepada Kabar Banten, Rabu (6/11/2019).

Ia mengatakan, apabila dirinya menyampaikan di luar dari perintah Ketua DPD Partai Golkar, itu bukan kewenangannya. Sementara itu informasi beredar di elite politik menduga Tanto bisa saja bergabung dengan kekuatan besar.

Salah seorang pengamat politik Eko Supriyatno menuturkan, soal isu politik Tanto akan bergabung dengan kekuatan besar memiliki dua interpretasi. Pertama, Tanto bisa kembali bersama Irna Narulita atau bergabung dengan Jayabaya.

”Kalau melihat dari kekutan besar yang dimaksudkan Tanto itu, saya kira ada dua tafsiran ya. Bisa jadi Tanto ingin bergabung dengan kekuatan dalam penguasa politik atau penguasa secara parpol. Itu adanya di keluarga Jayabaya. Tetapi tidak menutup kemungkinan kembali bergabung dengan keluarga Dimyati Natakusumah, kan itu juga memiliki kekuatan yang besar,” ujar Eko.

Menurut dia, tafsiran narasi politik dari kekuatan besar tersebut menunjukkan bahwa pihak keluarga besar Rau tidak ingin mengulang kesalahan yang sama. ”Artinya, mereka (Keluarga Rau) tidak ingin jatuh ke lubang yang sama,” tuturnya. (Ade Taufik/EM)*

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here