Pilkada Pandeglang 2020, Ketua MUI Dorong Ulama

PANDEGLANG, (KB).- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pandeglang, KH. Tubagus Hamdi Ma’ani mengatakan, sosok ulama harus hadir dalam dunia politik dan pemerintahan. Oleh karena itu, Hamdi menginginkan ada sosok ulama yang bisa maju maupun dicalonkan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pandeglang 2020.

Menurut dia, pemimpin dari unsur ulama penting untuk mengimbangi tata pemerintahan daerah.

”Kehadiran ulama di pemerintahan baik daerah maupun pusat itu sangat baik dan bagus. Sebab, dengan adanya ulama dalam pemerintah bisa menjadi penyeimbang. Artinya, pada wilyah pemerintahan harus ada yang membidangi keagamaan,” kata Ketua MUI Pandeglang KH. Tubagus Hamdi Ma’ani kepada Kabar Banten, Ahad (26/5/2019).

Ia mengatakan, jika dalam momentum Pilkada mendatang masyarakat mendesaknya untuk maju Pandeglang 1 (calon bupati), tidak menutup kemungkinan siap maju. Namun dirinya enggan maju secara ambisius dengan memaksakan diri.

”Kalau disengaja maju secara pribadi tanpa ada dorongan dari masyarakat, jelas tidak mau. Tapi kalau masyarakat yang mendesak dan mendorong, ya bisa saja saya maju,” ujarnya.

Beberapa bulan lalu saat pelantikan MUI di Kecamatan Sumur, lanjut pria yang disapa Abah Hamdi ini, sudah ada yang menyatakan dukungan. Namun waktu itu dirinya menolak, sebab pada saat pelantikan MUI Kecamatan Sumur di Pulau Umang itu ada spanduk pelantikan yang mengedit dengan tulisan deklarasi Pandeglang satu.

”Pada pelantikan MUI di Sumur, saya melihat ada berita hoax yang beredar. Spanduk yang seharusnya pelantikan MUI Kecamatan Sumur, malah diganti menjadi deklarasi untuk maju Pilkada, kan aneh saja spanduknya ada yang mengedit dan itu sempat viral. Tapi biarlah itu sudah berlalu,” ucapnya.

Diketahui, pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pandeglang 2020 masih satu tahun lagi. Namun demikian, saat ini muncul sejumlah tokoh pengusaha dan politisi akan meramaikan bursa pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Pandeglang.

Dari sejumlah tokoh pengusaha yang disebut-sebut pantas manggung dalam Pilkada Pandeglang yakni H. Mulyadi, pengusaha sukses putra daerah. Sosok pria sederhana ini peduli terhadap pembangunan wisata, sehingga dia sukses membangun wisata yang diberi nama Cas Waterpark Cikole.

Sementara itu Ahmadi Komisioner KPU Pandeglang membenarkan kalau tahapan Pilkada Pandeglang akan dimulai September tahun ini. Sebab, KPU sendiri sedang mempersiapkan pengusulan anggaran Pilkada melalui nota perjanjian hibah daerah atau NPHD untuk disampaikan ke pemerintah daerah. (Ade Taufik)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here