Pilkada Pandeglang 2020, Demokrat Pandeglang Dukung Kader Internal

PANDEGLANG, (KB).- DPC Partai Demokrat Pandeglang mengisyaratkan arah dukungannya dalam Pilkada Pandeglang 2020. Meski kemunculan keluarga mantan Bupati Lebak dua periode Mulyadi Jayabaya berpotensi menjadi lawan tangguh bagi Irna Narulita, namun partai berlambang mercy di tingkat daerah tersebut, mendorong kader internal yang dinilai sudah teruji dicintai rakyat.

Menurut Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Pandeglang Iing Andri Supriadi, pihaknya masih melihat perkembangan peta politik yang saat ini sedang berkembang. Dengan kemunculan keluarga Jayabaya (JB) di Pilkada Pandeglang, menurut dia, sebagai potensi yang akan menjadi lawan tangguh bagi petahana. Namun, kata dia, Partai Demokrat akan lebih mengutamakan kader partai yang potensial.

“Kalau kader partai potensial banyak, ada petahana Ibu Irna, ada ketua DPC Pak Yoyon sekaligus anggota DPRD Provinsi Banten, ada anggota DPR RI Rizky (putra Irna Narulita), dan ada saya selaku ketua Fraksi DPRD Pandeglang. Banyak pilihan di internal Demokrat yang mempunyai kapasitas, popularitas dan elektabilitas,” kata Iing Andri Supriadi, Kamis (19/9/2019).

Menurut dia, kader internal partai tersebut merupakan wajah pribumi dan sudah teruji dicintai rakyat Pandeglang. Itu artinya, kata dia, Demokrat tidak kekurangan stok pemimpin dan pribumi asli Pandeglang.

Untuk itu, kata dia, partainya juga akan membuka penjaringan Pilkada untuk memilih balon yang akan di usung oleh partai Demokrat. “Kita juga nunggu info dari DPP, untuk membuat tim penjaringan,” ucapnya.

D luar Partai Demokrat, partai lainnya yakni PKS menilai antara keluarga Dimyati dan JB memiliki kans masing-masing. Partai yang kini memiliki wakil Senayan dari Dapil Banten I atas nama Dimyati Natakusumah tersebut, menyerahkan kepada masyarakat.

“Masyarakat saat ini sudah cukup cerdas. Siapa pun figur dengan background apapun, masyarakat akan tetap memperhatikan kinerja dan integritas. Jadi, siapa pun yang memiliki integritas yang cukup tinggi, punya kesempatan untuk memenangkan hati rakyat. Baik Pak Dim dan JB, punya kans masing-masing, dan semua sama-sama mempunyai peluang,” ujar Ketua DPD partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pandeglang Asep Rafiudin.

Sementara itu, PDIP yang sudah membuka pendaftaran dan penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil daerah, akan melakukan lobi politik dengan paratai lain. Sebab, partai berlambang banteng tersebut tidak bisa mengusung calon sendiri.

“Hasil penjaringan nanti akan dipilih oleh DPP, untuk itu kami juga akan membuka komunikasi dengan partai politik lain. Agar, nanti hasil penjaringan kita bisa kita usung, karena kita hanya memiliki lima kursi di DPRD, sehingga harus berkoalisi dengan partai lain agar bisa mengusung sendiri,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pandeglang Yadi Murodi.

Dia mengatakan, pihaknya tidak bisa menebak-nebak siapa nantinya yang akan dipilih DPP. Namun, kata dia, pihaknya memastikan akan mengusung calon bupati yang sudah mengikuti penjaringan tersebut.

“Yang sudah menyerahkan formulit ada lima balon. Sehingga yang pasti, dari kelima itu nanti yang akan kami usung. Tetapi, keputusannya itu dari DPP, siapapun nanti yang di pilih DPP tentu kami akan sekuat tenaga memenagkan dalam pilkada nanti,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here