Pilkada Pandeglang 2020 Butuh Rp 79 M

PANDEGLANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pandeglang mengusulkan anggaran untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pandeglang tahun 2020 sekitar Rp 79 miliar.

Anggaran Pilkada tahun ini diproyeksikan lebih besar dibanding Pilkada tahun 2016 sebesar Rp 40 miliar. Direncanakan pada September tahun ini tahapan Pilkada sudah mulai digelar.

Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i mengatakan, pada Pilkada sebelumnya pelaksanaan pesta demokrasi tersebut hanya memakan biaya Rp 40 miliar. Hal tersebut terjadi karena anggaran untuk adhock masih kecil dibandingkan sekarang.

“Dulu biaya Pilkada sekitar Rp 40 miliar karena honor penyelenggara adhoc seperti PPK, PPS dan KPPS masih kecil, tapi sekarang sudah ada standarnya. Kalau dulu honor Panitia Pemungutan Suara (PPS) Rp 400.000, maka yang sekarang menjadi Rp 900.000,” kata Ketua KPU Pandeglang Suja’i kepada Kabar Banten, Senin (10/6/2019).

Sementara itu Komisioner KPU lainnya, Ahmadi mengatakan, selain untuk honor badan adhoc anggaran tersebut dipergunakan untuk logistik, sosialisasi, pembuatan TPS dan yang lainnya.

“Nanti anggaran tersebut juga akan dibagi-bagi untuk kebutuhan Pilkada, sehingga pesta demokrasi ini bisa berjalan sukses dan lancar,” ujarnya.

Sementara itu anggota Fraksi Demokrat DPRD Pandeglang Iing Andri Supriadi mengatakan, dengan anggaran Pilkada sebesar itu diharapkan tidak mengganggu anggaran pembangunan yang sudah direncanakan.

“Tentu kita dukung usulan anggaran Pilkada, namun nilainya harus realistis dan tidak sampai memangkas dari anggaran pembangunan jalan, pendidikan, kesehatan dan irigasi. Karena kita tidak ingin ada anggaran pembangunan yang dikorbankan,” ujarnya.

Selain itu, Iing berharap tim anggaran pemerintah daerah dapat menentukan biaya Pilkada secara terukur, efektif dan efisien. Oleh karena itu, kebutuhan anggaran Pilkada yang dipastikan akan menguras APBD diharapkan tidak mengurangi biaya pembangunan.

“Ya, itu nanti teknisnya ada di pemerintah daerah sebagai eksekutor pembiayaan Pilkada,” tuturnya. (IF)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here