Minggu, 23 September 2018

Pilkada Lebak 2018: Pjs Bupati Lebak Ingatkan Netralitas ASN

LEBAK, (KB).- Pejabat sementara (Pjs) Bupati Lebak H. Ino S Rawita mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk menjaga netralitasnya dalam Pilkada serta dapat memahami dan mempelajari peraturan perundang-undangan terkait Pilkada.

”Tahun 2018 adalah tahun politik dimana Kabupaten Lebak tahun ini menjadi salah satu daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepada daerah. Mari kita sama-sama patuh hukum dan selalu menjaga netralitas dan profesionalisme kita sebagai pegawai negeri sipil dan berharap pelaksanaan Pilkada ini tercipta suasana yang kondusif serta terselenggara dengan lancar, aman dan tertib,” kata Pjs Bupati Ino saat memimpin upacara bendera merah putih di Alun-alun Kota Rangkasbitung, Senin (19/2/2018).

Pjs Bupati Ino menegaskan, upacara bendera merah putih yang sedang diikuti dan dilaksanakan bersama harus dijadikan sebagai upaya dalam rangka meningkatkan disiplin dan peningkatan kinerja aparatur yang dilandasi atas dasar wawasan kebangsaan.

Pada bagian akhir sambutannya, Ino mengimbau agar aparatur sipil negara dan masyarakat tidak boleh abai dan perlu memperhatikan fenomena alam yang terjadi saat ini seperti gempa bumi dan juga waspadai hujan yang terus menerus yang memiliki potensi yang dapat merugikan seperti banjir, longsor dan lain-lain.

Untuk diketahui, netralitas ASN dalam pesta demokrasi telah tertuang dalam Undang-Undang no. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasal 2 Huruf F menyatakan bahwa salah satu asas penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN adalah netralitas yang berarti setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapun.

Hal itu juga diperjelas melalui surat edaran Menpan No. B/71/M.SM.00.00/2017 Tanggal 27 Desember 2017 tentang pelaksanaan netralitas bagi ASN pada penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2018, pemilihan legislatif 2019 dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. (DH)***


Sekilas Info

Ini Cara Bulog Lebak-Pandeglang Jaga Kekompakan Kerja

LEBAK, (KB).- Perum Badan urusan logistik Subdivisi Regional (Bulog Subdivre) Lebak-Pandeglang mengelar acara family gathering, berlokasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *