Pilkada Lebak 2018: Panwaslu Tolak Gugatan Paslon Perseorangan Cecep Sumarno-Didin

LEBAK, (KB).- Panwaslu Kabupaten Lebak, Banten menolak gugatan pasangan calon jalur perseorangan Cecep Sumarno-Didin Saprudin pada pilkada setempat tahun 2018. Penolakan gugatan itu disampaikan Ketua Panwaslu Kabupaten Lebak Ade Jurkoni saat pembacaan putusan sengketa gugatan pilkada di Lebak, Sabtu (3/3/2018).

Putusan penolakan gugatan sengketa yang diajukan pasangan Cecep-Didin itu tidak bisa melanjutkan tahapan selanjutnya pada pilkada. Penolakan gugatan itu karena didasari keterangan-keterangan saksi dan fakta yang terungkap pada sidang musyawarah.

Berdasarkan keterangan saksi dan fakta bahwa pasangan jalur perseorangan dinyatakan tidak memenuhi berkas persyaratan pencalonan untuk pendaftaran ke KPU setempat. Sebab, keputusan itu sesuai PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan bupati dan wakil bupati. “Kami menolak gugatan Cecep-Didin karena tidak memenuhi persyaratan pilkada itu,” tuturnya.

Menurut Ade, pihaknya juga menyarankan kepada pasangan Cecep-Didin pasca penolakan gugatan sengketa oleh Panwalu bisa juga ditempuh secara hukum pada Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Pengajuan gugatan sengketa pilkada ke PTUN itu tentu harus dikuatkan dengan seluruh bukti-bukti yang ada untuk dijadikan bahan dasar gugatan. “Saya kira pengajuan ke PTUN hak mereka jika tidak puas penolakan gugatan ke Panwaslu itu,” katanya.

Sementara itu, Cecep Sumarno mengatakan, dirinya tentu merasa kecewa atas putusan Panwaslu setempat.Karena itu, dirinya akan menempuh secara hukum jika diperbolehkan dalam tahapan pilkada tersebut. Ia juga meminta Bawaslu Provinsi Banten dan Bawaslu Pusat untuk melakukan pengawasan terhadap proses pilkada.”Kami berharap Bawaslu itu bisa melakukan pemantauan Pilkada Lebak,” ujarnya.

Sementara itu, ratusan anggota kepolisian melakukan penjagaan ketat sidang putusan gugatan pilkada di Kantor Panwaslu di Jalan Cimesir Pasir Ona Rangkasbitung. “Kami mengapresiasi situasi Panwaslu kondisi aman dan kondusif,” ucap Aiftu Ahmad Berlan,seorang petugas keamanan Polres Lebak. (SN/Ant)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here