Sabtu, 17 November 2018
Arief-Sachrudin, KPU Kota Tangerang, pilkada kota tangerang 2018
SEBANYAK 30 dokter dilibatkan dalam pemeriksaan kesehatan bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah-Sachrudin di RSUD Kabupaten Tangerang, Jumat (12/1/2018).*

Pilkada Kota Tangerang 2018: Pemeriksaan Kesehatan Arief-Sachrudin Lancar

TANGERANG, (KB).- Pemeriksaan kesehatan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah dan Sachrudin berjalan lancar. Petahana pasangan kepala daerah tersebut menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang, Jumat (12/1/2018). Tes kesehatan hari pertama ini merupakan cek kesehatan fisik.

Pantauan di lokasi pemeriksaan kesehatan, Bakal Calon Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah datang lebih dahulu, sekitar pukul 06.50 WIB didampingi Ketua Tim Pemenangan Bakal Pasangan Calon, Asep Veri Bastian, sedangkan Bakal Calon Wakil Wali Kota, Sachrudin datang selanjutnya sekitar pukul 07.05 WIB. Keduanya langsung diterima tim pemeriksa kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tangerang.

Pemeriksaan kesehatan pilkada kota tangerang 2018 dilakukan dokter secara menyeluruh atau general check up untuk kesehatan fisik. “Hari ini kesehatan fisik yang diperiksa oleh tim dokter,” kata Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi Pane kepada Kabar Banten. Ia menuturkan, pemeriksaan dipastikan dilaksanakan secara intensif oleh pakar-pakar kesehatan dari IDI Kota Tangerang.  “Kami percaya tim dokter dari IDI sangat berpengalaman dan profesional,” ujarnya.

Pemeriksaan dilaksanakan selama dua hari, yakni Jumat dan Sabtu (12-13/1/2018). “Setelah kesehatan fisik masih ada dua pemeriksaan lagi esok hari atau hari ini. Pemeriksaan psikologis dan tes bebas narkoba,” ujarnya. Sementara itu, Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan RSUD Kabupaten Tangerang, dr I Gede Rai Kosa SpPD mengatakan, terdapat 15 item pemeriksaan yang harus dijalani oleh calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang.

Pemeriksaan kesehatan waji, meliputi pemeriksaan fisik, jantung, paru, bedah, mata, gigi, THT, dan lainnya dengan melibatkan 30 tenaga medis. “Hari ini (kemarin), kami laksanakan pemeriksaan kesehatan sebagai syarat pencalonan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang,” ucapnya.

Pemeriksaan kesehatan selesai pada pukul 15.00 WIB, dilanjutkan dengan rapat pleno tim dokter untuk menyimpulkan hasil kesehatan. Ia menjelaskan, jika pemeriksaan kesehatan wajib terdapat temuan, maka akan dilakukan pemeriksaan tambahan. Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, tidak untuk mencari penyakitnya, namun kelayakan keduanya.

“Hasil kesimpulan akan diserahkan kepada KPU, misalkan orang diabetes, tapi kan masih layak jadi bupati atau wali kota, tapi kalau diabetesnya sudah merusak menyebabkan kebutaan itu yang tidak layak atau sesuai juknis KPU disebut disabilitas,” tuturnya

Kemudian, di hari kedua Sabtu (13/1/2018) pasangan calon pilkada kota tangerang 2018 akan mengikuti tes psikologi dan bebas dari narkoba. Untuk pemeriksaan psikologi terdapat tim tersendiri dari HIMPSI, sementara tes urine oleh BNN Kota Tangerang.  ”Hari kedua ada tes urine dan psikologi. Nantinya pasangan calon akan menjawab sekitar 350 pertanyaan psikotes, jika narkoba kan tinggal positif atau negatif narkoba,” katanya. (DA)***


Sekilas Info

Data Kependudukan Bisa Diakses Swasta

TANGERANG, (KB).- Tak hanya instansi pemerintahan, data kependudukan juga bisa diakses oleh pihak swasta. Hal tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *