Pilkada Kota Tangerang 2018 Berpotensi Calon Tunggal

TANGERANG, (KB).- KPU Kota Tangerang menyiapkan kemungkinan calon tunggal pada Pilkada Kota Tangerang 2018. Sebab, baru satu pasangan calon yang menginformasikan akan mendaftar jelang pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota yang akan dibuka, Senin (8/1) hari ini. Pasangan calon yang akan mendaftar yakni Arief R. Wismansyah – Sachrudin. Calon petahana itu didukung oleh 10 partai politik yang ada di kursi DPRD Kota Tangerang.

“Besok mulai dibuka pendaftaran. Kami sudah siap membentuk tim untuk menerima dan mengoreksi berkas administrasi,” ujar Komisioner KPU Kota Tangerang, Banani Bahrul, Ahad (7/1/2018). Banani menjelaskan, kolom kosong itu tertera dalam surat suara yang nantinya bisa dicoblos oleh para pemilih.”Ada satu surat suara, di sisi kiri misalnya calon petahana, dan di sisi kanan yaitu kolom kosong. Masyarakat bisa memilih antara kedua pilihan itu,” ucapnya.

Ia pun menjabarkan aturan main jika pada Pilkada Kota Tangerang 2018 terjadi calon tunggal. Jika jumlah pemilih lebih banyak yang mencoblos kolom kosong, maka akan digelar Pilkada ulang.”Pilkada ulang dilaksanakan pada tahun 2020. Sedangkan untuk mengisi jabatan pemerintahan, diserahkan oleh PLT (pelaksana tugas) yang ditentukan Kemendagri,” tutur Banani.

Namun jika paslon jumlah suaranya melebihi kolom kosong, mereka yang dipastikan berhak memimpin Kota Tangerang pada lima tahun mendatang. “Kalau draw, peraturannya dilihat dari suara di masing-masing kecamatan. Kota Tangerang kan ada 13 kecamatan, nah dihitung dari situ berapa kecamatan yang menangnya,” tuturnya. (DA)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here