Senin, 21 Mei 2018

Pilkada Kota Serang 2018: Tiga Balon Independen Intens Berkonsultasi

SERANG, (KB).- Komisioner KPU Kota Serang Fierly MM menyatakan, ada tiga bakal calon (balon) perseorangan atau independen yang terus melakukan konsultasi ke KPU. Bahkan dari ketiga balon ini dua di antaranya telah memperlihatkan bukti mandat berupa liaison officer atau LO.

“Sampai saat ini tiga calon perseorangan yang secara serius (konsultasi). Yang konsultasi kemarin kan ada lima selama satu bulan kemarin. Dari lima tersebut sudah ada dua yang melampirkan LO sebagai mandat mereka. Mereka ini baru sifatnya berkonsultasi (terkait pendaftaran),” ujar Fierly kemarin.

Fierly enggan menyebut tiga tim sukses balon independen yang intens berkonsultasi tersebut. Namun demikian, KPU pernah merilis bahwa kelima tim sukses tersebut mewakili Agus Iriawan berpasangan Samsul Bahri, Burhanudin – Samsul Hidayat. Dan tiga balon independen yang belum menyebutkan yakni Zulfikar, Sigit Switarto serta Syafrudin. “Kami tunggu saja tanggal 25 November 2017 nanti (mulai pendaftaran),” katanya.

Fierly menuturkan, dari tiga balon yang intens berkonsultasi tersebut satu di antaranya telah memperlihatkan 1 bundel model B1 KWK lengkap dengan by name dan by addres.  “Model B1 KWK itu lengkap dengan dukungan KTP elektronik atau suket yang jumlahnya 38.700,” tuturnya.

Fierly menjelaskan, KPU Kota Serang mulai melakukan tahapan sosialisasi terhadap Pilkada Kota Serang dengan menyampaikan pengumuman di media massa terkait informasi pendaftaran balon independen pada 9-22 November 2017.

“Kemudian setelah pengumuman tersebut tanggal 25 sampai 29 November 2017 mulai penyerahan dukungan. Yang diserahkan model B1 KWK pendukungnya, kedua, KTP yang disusun per kelurahan. Setelah itu, kami langsung mulai lakukan verifikasi administrasi pada tanggal 25 (November 2017) itu juga,” ucapnya.

Kepada balon dari jalur partai politik (parpol), Fierly menyarankan agar mulai mempersiapkan persyaratan pencalonan. Sebab, ada syarat pencalonan yang tidak dikeluarkan oleh KPU misalnya surat keterangan tidak pailit dari Pengadilan Tata Usaha Negera (PTUN).  “Surat keterangan bebas dari pidana yang dikeluarkan oleh pengadilan negera serta surat berkelakuan baik yang dikeluarkan oleh kepolisian,” tuturnya.

Dalam waktu dekat ini, KPU Kota Serang, tutur Fierly, akan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit, BNN dan himpunan psikolog sebagai langkah persiapan pemeriksaan kesehatan pasangan calon pada Januari 2018.  “Minggu depan kita rapat dengan BNN, RSUD dan BNN. Untuk RSUD kita belum diputuskan apakah RSUD Banten atau RSUD Serang (yang dilibatkan). Kalau berkaca pada pilkada lalu kita bekerja sama dengan RSUD dr. Drajat Prawiranegara,” tuturnya. (FI)***


Sekilas Info

Istilah Banten Lama Kecilkan Sejarah

SERANG, (KB).- Ketua Umum Lembaga Pemangku Adat Kesultanan Banten, H Tubagus Abbas Wasse menginginkan semua pihak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *