Pilkada Kota Serang 2018, Rekomendasi Sejumlah Partai Turun Bulan Ini

SERANG, (KB).- Rekomendasi dukungan bakal calon Wali kota Serang periode 2018-2023 dari beberapa partai politik (parpol) akan turun dari DPP pada bulan ini. Sebab, hampir tahapan parpol mulai dari tingkat DPC atau DPD sudah selesai. Parpol tersebut, antara lain PDIP dan PKS.

Ketua DPC PDIP Kota Serang, Bambang Janoko mengatakan, untuk rekomendasi tidak lama lagi akan keluar dari DPP. Ia memperkirakan rekomendasi akan turun akhir Oktober. “Dari DPP informasinya tinggal membahas wakilnya dan kaitan koalisi partai,” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (13/10/2017).

Ia menjelaskan, dalam penentuan siapa yang akan diusung di PDIP akan sepaket berikut dengan wakilnya, sedangkan nama-nama yang digodok DPP, yaitu yang lolos mengikuti verifikasi dan mengikuti psikotes. Diketahui, ada lima calon yang lolos verifikasi dan ikut psikotes, yaitu dia sendiri, Syaprudin, Wahyudin Djahidi, Zumhana, dan Vera Nurlaila Jaman. “Jadi, nanti dari lima orang itu yang akan diusung dan memilih wakilnya juga dari lima nama itu juga,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, terkait koalisi pihaknya memilih akan bergabung dengan koalisi perubahan yang di dalamnya ada Partai Hanura, PPP, dan PAN. Alasan bergabung dengan koalisi perubahan, ucap dia, karena ingin ada perubahan.

Sementara, Ketua Pemenangan Pilkada DPC Partai Hanura Kota Serang, Rizal Ajis mengatakan, untuk rekomendasi diperkirakan akan turun antara Ahad (22/10/2017) atau Senin (23/10/2017). Sejauh ini, masih informasi di DPP masih menuggu satu tahapan lagi, yakni menunggu indikator hasil survei. “Ya bulan ini lah rekomendasi turun,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dari 10 balon yang disampaikan, DPC merekomendasikan satu nama, yaitu Syaprudin. Alasannya, karena dinilai komunikasi ke Hanura paling intens dan pembinaannya mendekati Hanura sudah lama, bukan ketika akan mencalonkan saja.

Ketua DPC PKS Kota Serang, Hasan Basri menuturkan, pengurus cabang dan wilayah sudah memastikan akan memberikan dukungan kepada Ranta Soeharta. PKS dan NasDem, kata dia, sudah sepakat mendukung Ranta Soeharta bersama PPP yang sudah menyatakan gabung Koalisi Rumah Kita.
“Mekanismenya, kami pengurus cabang mencari bakal calon melalui penjaringan internal. Hasilnya disampaikan ke pengurus wilayah dan yang kami usulkan sepaket, yakni Ranta-Najib. Untuk rekomendasi dari DPP sendiri, kemungkinan akhir Oktober,” ujarnya. (TM)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here